NILAI-NILAI BUDAYA JAWA DALAM NOVEL BUMI MANUSIA KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

Lucyana Indriastuti, Sri Mulyati, Syamsul Anwar

Abstract


Penelitian ini termasuk dalam penelitian kepustakaan (library reasearch), sedangkan dilihat dari sifatnya penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini terdiri dari dua jenis, yaitu sumber data primer berupa novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer dan sumber data sekunder berupa buku, jurnal, majalah dan berbagai sumber yang mendukung proses penelitian. Metode pengumpulan data yaitu dengan metode studi pustaka sebagai alat pengumpulan datanya. Strategi analisisnya menggunakan metode analisis isi (content analysis) model Miles dan Huberman. Setelah itu, hasil penelitian ini disajikan secara deskriptif-analitis yaitu suatu usaha untuk menyusun, mengolah dan menginterpretasikan data.


Keywords


Budaya Jawa, Novel, Sastra

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24071/sin.v14i2.2781

Article Metrics

Abstract view : 3198 times
PDF view: 55174 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Lucyana Indriastuti, Sri Mulyati, Syamsul Anwar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Sintesis by https://e-journal.usd.ac.id/index.php/sintesis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Sintesis

View My Stats Sintesis