PUTRI PEWARTA PERDAMAIAN: KAJIAN ATAS PUTRI CINA KARYA SINDHUNATA

Novita Dewi

Abstract


Tulisan ini bertujuan mengungkapkan adanya rekonsiliasi masyarakat pasca-konflik lewat imajinasi historis dalam karya terbaru Sindhunata Putri Cina (2007). Rekonsiliasi akan pesan perdamaian ditunjukkan melalui menerimanya tokoh akan ketidakjelasan identitasnya. Pesan ini dikemas menggunakan narasi tentang peperangan, balas dendam, dan pengambinghitaman dengan mengangkat sejarah, mitos, cerita rakyat, dan realitas politik modern yang menggarisbawahi kengerian dan kesia-siaan perang antarsaudara. Rekonsiliasi dan pesan perdamaian ini dibayar oleh cinta dan kematian.
Karya ini juga menghadirkan ruang untuk berkontemplasi bahwa melindungi semua orang, Jawa maupun Cina tidak hanya dibebankan pada senapati, tetapi merupakan tugas semua manusia yang (masih) peduli akan kemanusiaannya. Adanya hibriditas, identitas mengambang, warga dunia dan istilah muluk lainnya diidealkan tidak hanya cocok untuk budaya, tetapi diharapkan bisa bersenyawa dengan ekonomi dan/atau politik lintas etnis.
KATA KUNCI rekonsiliasi, identitas, hibriditas


Full Text:

PDF

References


Mangunwijaya, Y. B. 1999. Menjadi Generasi Pasca-Indonesia: Kegelisahan Y. B. Mangunwijaya. Ed. Sindhunata. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Sindhunata. 2006. Babad Putri Cina. Jakarta: Gramedia Pustaka UtamaSindhunata, Kambing Hitam: Teori Rene Girard. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sindhunata. 2007. Putri Cina. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiharto, Bambang. 2008. Putri Cina: Semacam Geneologi Kekerasan Basis, 01 02. 57 (Januari Februari 2008): 43 47.

Sumardianta, J. 2008. Mistikus yang Mencintai Ibu Jawa Pos, 10 Februari.

Supeli, Karlina. 2008. Putri Cina: Tragedi dan Transendensi Basis, 01 02. 57 (Januari Februari 2008): 35 42.




DOI: https://doi.org/10.24071/sin.v6i1.2710

Article Metrics

Abstract view : 1280 times
PDF view: 790 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Novita Dewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Sintesis by https://e-journal.usd.ac.id/index.php/sintesis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Sintesis

View My Stats Sintesis