KONSEP RELIGI DAN NILAI HISTORIS DALAM KAKAWIN BRAHMANDA PURANA

Fransisca Tjandrasih Adji

Abstract


Kakawain Brahmana Purana memuat suatu religi dari masyarakat yang memiliki keyakinan pralaya peleburan agung. Keyakinan ini diungkapkan dengan ajaran tentang dharma-adharma, caturwarna, purusartha, dan karmaphala.
Pada saat ini masyarakat pendukung keyakinan tersebut adalah Bali, yang diwujudkan dalam bentuk upacara Eka Dasa Rudra. Upacara ini diselenggarakan 100 tahun sekali atau pada saat Panca Wali Krama yang ke-10. Eka Dasa Rudra inilah mecaru yang paling besar di Bali dan merupakan upacara persembahan kurban bagi Sang Hyang Widi Wasa. Tujuan peneyelenggaraan upacara ini adalah musnahnya segala kegelapan, sehingga kehidupan manusia dapat bahagia lahir dan batin. Makrokosmos dan mikrokosmos juga dikembalikan dalam keadaan yang bersih dan suci, sehingga muncul kehidupan atau kelahiran yang baru. Kelahiran kembali ini merupakan lambang utpatti.
Dalam kaitannya dengan nilai historis, upacara Eka Dasa Rudra merupakan lambang penyucian terhadap bencana yang terjadi di Bali yaitu perang Kusamba pada zaman Kerajaan Klungkung. Dengan demikian, Kakawin Brahmana Purana merupakan monumen peristiwa perang Kusamba.
KATA KUNCI kakawin, religi, nilai historis, Eka Dasa Rudra


Full Text:

PDF

References


Dowson, John, M.R.A.S. 1914. A Classical Dictionary of Hindu Mythology and Religion, Geography, History, and Literature. London: Kegan Paul, Trench, Trubner & Co. Ltd.

Pudja, Gede. 1984. Sraddha: Pengantar Agama Hindu, Jakarta: Penerbit Mayasari Pudja, Gede dan Tjokorda Rai Sudharta. 1973. Manawa Dharmasastra (Manu Dharmasastra), Lembaga Penterjemah Kitab Suci Weda.

Gonda, J. 1932. Het Oud-Javaansche Brahmanda Purana: Prozatekst en Kakawin, B.J. vol. 5.

. 1969. Ancient Indian Kingship from Religion Point of View, Leiden: E.J. Brill. Sidemen, Ida Bagus, dkk. 1983. Sejarah Klungkung: Dari Smarapura sampai Puputan, Pemerintah Kabupaten Daerah Tingkat II Klungkung.

Kanta, I Made. 1983. Kesusastraan Bali Zaman Klungkung makalah dalam Seminar Sastra Indonesia dan Daerah Bali dalam Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-55, Singaraja, Bali.

Kattackal, Jacob. 1982. Dharma, The Great Goal of Life, Jeevadhara, Vol 12 Th. 1982.

Wiryamartana, Kuntara I. 1983. Puisi Jawa Kuna: Penciptaan dan Kaidah Estetisnya dalam Manusia dan Seni, Editor Dick Hartoko, Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

. 1990. Arjunawiwaha: Transformasi Teks Jawa Kuna Lewat Tanggapan dan Penciptaan di Lingkungan Sastra Jawa.

Macdonell, Arthur, A. 1954. A Practical Sanskrit Dictionary, London: Oxford University Press.

Parisada Hindu Dharma. 1978. Upadeca: Tentang Ajaran-ajaran agama Hindu. Denpasar: Parisada Hindu Dharma Pusat.

Pralambang Bhasa Wewatekan. 1984. Diindonesiakan oleh Ida Bagus Sunu Pidada (Griya Pidada, Sengguan, Klungkung) dalam Ni Ketut Wikarni, Kerajaan Klungkung di bawah Ratu Dewa Agung Istri Kanya, Skripsi Sarjana, Fakultas Sastra, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Rani, Sharada. 1957. Slokantara: An Old Javanese Didactic Text, New Delhi: International Academy of Indian Culture.

Soekmono. 1973. Candi: Fungsi dan Pengertiannya, Jakarta: Disertasi pada Fakultas Sastra, Universitas Indonesia.

Soekmono, R. 1973. Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia, Yogyakarta: Penerbitan Yayasan Kanisius

Das, Soman. 1978. The Concept of Dharma: A Methodological Tool in Contemporary Hindu Etics Religion of Society, Vol. XXVI no. 3, September 1979.

Devi, Sudarshana. 1957. Wrhaspatitattwa: An Old Javanese Philosophical Text, New Delhi: International Academy of Indian Culture.

Teeuw, A., and S.O. Robson. 1978. Kunjarakarna Dharmakathana: Liberation Through The Law of The Buddha, The Hague: Martinus Nijhoff.

Vickers, Adrian. 1978. The Writing of Kakawin and Kidung on Bali BKI 138, Th. 1982.

Zoetmulder, P.J.1954. Kawi dan Kekawian , Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

. 1978. Kalangwan: Sastra Jawa Kuna Selayang Pandang, Terjemahan Dick Hartoko, Jakarta: Penerbit Djambatan.




DOI: https://doi.org/10.24071/sin.v6i2.2703

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Fransisca Tjandrasih Adji

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Sintesis by https://e-journal.usd.ac.id/index.php/sintesis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Sintesis

View My Stats Sintesis