STRATEGI DOMINASI DALAM NOVEL MARYAM KARYA OKKY MADASARI: PERSPEKTIF PIERRE BOURDIEU

Maria Novenia, Yoseph Yapi Taum, Susilawati Endah Peni Adji

Abstract


Penelitian ini menganalisis tentang jejaring sosial dan kajian alur menurut teori Franco Moretti serta analisis strategi dominasi menurut perspektif Pierre Bourdieu dalam novel Maryam karya Okky Madasari. Hasil analisis pendekatan objektif, yakni jejaring sosial dan kajian alur adalah sebagai berikut. Dalam novel Maryam, terdapat empat simpul yang memiliki relasi aktif dan intens, yakni Maryam, Pak Khairuddin, Umar, dan Zulkhair. Empat simpul tersebut membentuk jaringan sosial dan relasi (tepi) yang berbeda-beda. Alur dalam novel Maryam menggunakan alur campuran, karena cerita tidak berurutan dan sering menceritakan masa lampau. Hasil analisis pendekatan diskursif tentang strategi dominasi memperlihatkan lima kesimpulan sebagai berikut. 1) Perbedaan kelas dalam novel Maryam terbagi menjadi tiga, yakni kelas dominan, kelas borjuasi baru, dan kelas borjuasi kecil. 2) Modal ekonomi, sosial, dan simbolik kelompok Ahmadiyah lebih besar daripada kelompok Islam. Akan tetapi, modal budaya (agama) kelompok Islam lebih kuat. 3) Arena dalam novel Maryam adalah arena agama dan arena ekonomi. 4) Dominasi simbolik dilakukan kelompok Islam dalam bentuk poligami. 5) Kelompok Ahmadiyah yang termasuk kelas dominan justru mengalami dominasi karena dalam arena agama mereka termasuk dalam kelompok minoritas dan dianggap sesat.


Keywords


perbedaan kelas; kajian alur; modal; arena; dominasi simbolik

Full Text:

PDF

References


Bourdieu, Pierre. 1984. Distinction: A Social Critique of the Judgement of Taste, Massachusetts. USA: Harvard University Press.

-----------. 1993. The Field on Cultural Production: Essays on Art and Literature. Cambridge: Polity Press.

Damono, Sapardi Djoko. 1979. Sosiologi Sastra Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Fadli, Bagus Muhammad. 2016. Problem Kejiwaan Tokoh Utama dalam Novel Maryam karya Okky Madasari .Yogyakarta: Skripsi Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta.

Ginting, Harpindo. 2019. Novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata: Analisis Habitus dan Modal dalam Arena Pendidikan Menurut Perspektif Pierre Bourdieu. Yogyakarta: Skripsi Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Sanata Dharma.

Haryatmoko. 2016. Membongkar Rezim Kepastian: Pemikiran Kritis Post-Strukturalis. Yogyakarta: PT Kanisius.

Krisdinanto, Nanang, 2014. Pierre Bourdieu: Sang Juru Damai. Dalam Jurnal Kanal, Vol. 2, No. 2, Maret 2014, hal 107206.

Madasari, Okky. 2012. Maryam. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Martono, Nanang. 2012 Kekerasan Simbolik di Sekolah Sebuah Ide Sosiologi Pendidikan Pierre Bourdieu. Jakarta: PT Raja Graffindo Persada.

Moretti, Franco. 2011. Network Theory, Plot Analysis. Diunduh dari litlab. stanford.edu/literaryLabPamphlet2.pdf pada April 2019 pukul 13.05 WIB.

Ratna, Nyoman Kutha. 2012. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sipayung, Margaretha Ervina. 2016. Konflik Sosial Tokoh Maryam dalam Novel Maryam karya Okky Madasari: Kajian Sosiologi Sastra. Skripsi pada Program Studi Sasta Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Soewarno, Sisca Olivia. 2016. Habitus dan Kekerasan Simbolik dalam Novel Gadis Pantai karya Pramoedya Ananta Toer. Skripsi pada Program Studi Sasta Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Taum, Yoseph Yapi. 1997. Pengantar Teori Sastra. Ende: Penerbit Nusa Indah.

Taum, Yoseph Yapi. 2017. Kritik Sastra Diskursif: Sebuah Reposisi. Makalah Seminar Nasional Kritik Sastra Kritik Sastra yang Memotivasi dan Menginspirasi yang diselenggarakan Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Jakarta, 1516 Agustus 2017.




DOI: https://doi.org/10.24071/sin.v13i2.2298

Article Metrics

Abstract view : 2875 times
PDF view: 1898 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Maria Novenia, Yoseph Yapi Taum, Susilawati Endah Peni Adji

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Sintesis by https://e-journal.usd.ac.id/index.php/sintesis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Sintesis

View My Stats Sintesis