IDENTIFIKASI PENYEBAB MISKONSEPSI KONSEP BELAH KETUPAT DAN RENCANA PERBAIKANNYA BAGI MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS SANATA DHARMA

Christiyanti Aprinastuti(1*),

(1) Sanata Dharma University, Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian illl bertujuan untuk mengidentifikasi penyebab miskonsepsi konsep belah ketupat serta merencanakan perbaikannya bagi mahasiswa semester 2 PGSD Universitas Sanata Dharma (USD). Penelitian ini merupakan penelitian kuahtatif deskriptif yang teknik pengwnpulan datanya meliputi (1) dokumentasi yang berupa hasil mid semester, (2) tes untuk mengungkap pengetahuan mahasiswa terhadap konsep belah ketupat dan persegi, (3) wawancara terhadap subjek penuhsan setelah mengeljakan tes tertuiis, dan (4) observasi saat subjek penulisan melakukan tes maupun saat diwawancara. Analisis data dilakukan melalui tahapan-tahapan berikut: (1) memverifikasi hasil pekeljaan mid subjek, dari jawaban terse but dilakukan identifikasi data tentang pola jawaban mahasiswa, (2) memverifikasi jawaban tes subjek. Data hasil wawancara akan dianalisis melalui tahapan-tahapan berikut: (I) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penyebab miskonsepsi mahasiswa adalah: (1) mahasiswa terbiasa dengan gambar belah ketupat dengan posisi seperti bentuk ketupat dan (2) salah dalam memahami bagan yang diberikan oleh dosen pengampu. Rencana perbaikannya adalah dengan menggunakan model pembelajaran van Hiele, dan memperbaiki gambar bagan segi empat setelab kelima fase pembclajaran van Hiele diselesaikan.


Keywords


miskonsepsi, beLab ketupat, model pembelajaran geometri van Hiele

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.