EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN ANALISIS MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI PADA MATA KULIAH KAJIAN KURIKULUM BIOLOGI SMA

Ika Yuli Listyarini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) terhadap aktivitas dan kemarnpuan anal isis mahasiswa pada mata kuliah Kaj ian Kurikulum SMA. Sebagian besar mahasiswa mengalami kesulitan dalarn menganalisis kurikulum dan memaharni materi dalam mata kuliah kajian kurikulum, dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi. Penelitian ini dilakukan pada pada mahasiswa peserta mata kuliah Kajian Kurikulum SMA, program studi pendidikan Biologi sejumlah 33 mahasiswa di semester dua. Treatmellt yang di lakukan adalah dengan memberikan tugas kepada mahasiswa secara berkelompok untuk melakukan kegiatan observasi di Sekolah Menengah Atas di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya. Hasil observasi mahasiswa selanjutnya digunakan sebagai dasar penyusunan kurikulum untuk sekolah yang bersangkutan. lnstrumen yang digunakan adalah angket dan tes. Hasil peneiitian menunjukkan bahwa kemampuan analisis mahasiswa yang termasuk dalarn kategori sangat tinggi dan tinggi adalah 24 mahasiswa (72,7 %) mengenai mekanisme penyusunan kurikulum di sekolah dan 25 (75,8%) mengenai penyusunan indikator dan tujuan pembelajaran dari kornpetensi dasar. Tanggapan rnahasiswa terhadap Pembelajaran Berbasis Proyek kalegori tinggi rnencapai 78,7%. Berdasarkan penelitian dapat disirnpulkan bahwa pernbelajaran berbasis proyek efektif untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan analisis mahasiswa pada materi kajian kurikulum SMA.


Keywords


project based learning, kurikulum, analisis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.