EFFECTS OF MONTESSORI COSMIC EDUCATION ON THE LEARNING ACHIEVEMENTS OF FIFTH GRADE PRIMARY STUDENTS

Elisabeth Desiana Mayasari

Abstract


Generasi muda pada era globalisasi ini mendapat pengaruh yang sangat kuat dari nilai-nilai budaya luar, sehingga mulai banyak sikap dan perilaku yang tidak sejalan dengan nilai-nilai Pancasila. Hal ini menyebabkan, nilai-nilai cinta tanah air pun oleh sebagian pihak dipandang mengalami erosi. Salah satu model pembelajaran yang diberikan kepada anak agar mempunyai rasa cintatanah air, dapat dilaksanakan melalui penggunaan media pembelajaran Montessori Cosmic education di kelas berdasar model pembelajaran Montessori.

Tujuan dari penelitian ini adalah melihat pengaruh media pembelajaran Montessori Cosmic education terhadap prestasi belajar siswa pada materi cinta tanah air siswa kelas IV SD. Hipotesis dari penelitian ini adalah ada pengaruh media pembelajaran Montessori Cosmic education terhadap prestasi belajar siswa pada materi cinta tanah air siswa kelas IV SD.

Desain penelitian yang digunakana dalah quasi eksperimen design tipe non-equivalent kontrol group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD NGL. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV A sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV B sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa soal isian singkat untuk mengukur prestasi belajar siswa pada materi cinta tanah air. Soal pada penelitian ini mempunyai reliabilitas sebesar 0.792.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Montessori Cosmic Education berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, terbukti dari nilai yang diperoleh kelompok eksperimen, yaitu nilai M = -7.733, SD = 3.016, SE = 0.551, diperoleh harga Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 (p < 0,05) dengan nilai t = -14.042 dan df= 29 dengan peningkatan sebesar 35% dan koefisien korelasi r = 0,588 yang termasuk kategori efek besar. Pada kelompok kontrol, diperoleh nilai M sebesar-0.833, SD = 2.743, SE = 0.501, diperoleh harga Sig. (2-tailed) sebesar 0.107 (p >0,05) dengan nilai t = -1.664 dan df= 29 dengan peningkatan sebesar 14% dan koefisien korelasi r = 0,372 yang termasuk kategori efek menengah.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran Montessori Cosmic Education berpengaruh besar terhadap prestasi belajar di kelompok eksperimen. Berbeda halnya dengan kelompok kontrol yang berpengaruh menengah dalam prestasi belajarnya.

Kata kunci: media pembelajaran montessori cosmic education, prestasi belajar, cinta tanah air.


Full Text:

PDF

References


Chaeruman, U.A. 2008. Pola Pendidikan Baru Menurut Montessori, In: Atap Dunia. Multiply.com/journal.

Duffy, M., & Duffy, D. 2002. Cosmic education in The Montessori Elementary Classroom. USA: Parent Child Press.

Field, A.P. 2009. Discovering Statistics Using SPSS. London: SAGE.

Maftuh, B. 2008. Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dan Nasionalisme Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Educationist, Vol. II No. 2 Juli 2008.

Mayer, R.E. 2000. Intelligence and Education. In Passer, M. W., & Smith, R. E., 2007. Psychology: The Science of Mind and Behavior, Third Edition. USA: McGraw-Hill.

Ormrod. 2008. Psikologi Pendidikan: Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Ridwan. 2008. Ketercapaian Prestasi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Tohirin. 2006. Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.