IMPLEMENTASI COLLABORATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA KOLESE DE BRITTO
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Agung,Leo. 2012. Sejarah Asia Timur 1. Yogyakarta: Penerbit Ombak
Baharudin dan Esa Nur Wahyuni. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Barkley, Elizabert K. Patricia Cross, dan Claire Howell Major. 2014. Collaborative Learning Techniques: Teknik-Teknik Pembelajaran Kolaboratif, Bandung: Nusa Media
Brian Garvey dan Mary Krug. 2015. Model- Model Pembelajaran Sejarah,Yogyakarta : Ombak
Dahar, Ratna Wilis. 2011, Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Erlangga.
Idrus, Muhammad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Erlangga.
Kurniawan, Hendra.2018 Kajian Kurikulum dan Bahan Ajar Sejarah SMA Menurut Kurikulum 2013, Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.
Kurniawan, Hendra. 2018. Literasi dalam Pembelajaran Sejarah,Yogyakarta :Gava Media
Kurniawan, Hendra. 2020. Pembelajaran 4.0, Yogyakarta: Media Akademi
Marilyn & Lynne. 2010.Interaction Collaborative Skills for School Professionals.Boston : Pearson
Marjuki. 2020. 181 Model Pembelajaran Paikem Berbasis Pendekatan Saintifik, Bandung, PT Remaja Rosdakarya
Mulyasa. 2018. Implementasi Kurikulum 2013 Revisi. Jakarta Timur : PT Bumi Aksara
Numan, Somantri.2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset
Nunan, David. 2003. Collaborative Languange and Teaching.Cambridge: University Press, 1992.
Nusa Putra. 2012. metode penelitian kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persana.
Sugandi, Achmad, dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang:IKIP PRESS
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta. 2014.hlm.52
Suparno, Paul . 1977. Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan, Yogyakarta, Kanisius
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Metode Penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Supardi.2019.Sejarah Indonesia untuk SMA/MA Kelas X, Bogor: Quadra
Rosnawati, I Made Ratih. 2016. Sejarah Indonesia Untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas X, Sidoarjo: CV Media Prestasi
Tita Hariyanti. 2017. Keunggulan Metode Kolaboratif dan Kooperatif Dalam Pendidikan. Malang : PT UB Press
Qais Faryadi.2017.Pedoman Mengajar Efektif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Siswandi, H. J. Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi melalui Metode Diskusi Panel dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas). Jurnal Pendidikan Penabur. No.07/Th.V/Desember 2006.
Sumini Theresia, “ Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sejarah Melalui Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw Pada Siswa Kelas X SMA Warga Surakarta”, Jurnal Penelitian. Volume 16, No. 2, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta Mei 2013, hlm. 155-156
Yayu Tresna Suci, “ Menelaah Teori Vygotsky dan Interdepensi Sosial Sebagai Landasan Teori dalam Pelaksanaan Pembelajaran” dalam seri Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Vol.3, No.1, Universitas m Indonesia, Bandung, Oktober 2018, hlm 23
DOI: https://doi.org/10.24071/hv.v1i2.3812
DOI (PDF): https://doi.org/10.24071/hv.v1i2.3812.g2433
Refbacks
- There are currently no refbacks.