PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK

Amelia Sandria Saing, Brigida Intan Printina, Theresia Sumini

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) gagasan pentingnya model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dalam pembelajaran sejarah dan (2) contoh rancangan implementasinya dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan. Sumber data primer yang digunakan yaitu kurikulum 2013 dan silabus sejarah Indonesia, sedangkan sumber data sekunder yaitu buku-buku yang berkaitan dengan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dan pembelajaran sejarah. Teknik pengumpulan data menggunakan kartu data dengan pharaphrase. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) gagasan pentingnya diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dalam pembelajaran sejarah karena dapat melatih kemampuan siswa untuk berpikir kritis, menyenangkan, siswa aktif, dan pembelajaran menarik. (2) Contoh rancangan implementasinya berupa perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang tertuang dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).

 

Kata kunci : Pembelajaran Sejarah, Model Kooperatif, Talking Stick


Full Text:

PDF

References


Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nuh, Muhammad. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Melalui Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Panyabungan. 3(2):-

Rosidi, dkk. 2017. Pembelajaran Sejarah Konstruktivistik: Pendekatan Critical Discourse Analysis.1(1):15-25.

Sapriya. 2009. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sari, Milya. 2020. Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. 6(1):41-53.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Suprijono, Agus. 2016. Model-model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Heri. 2014. Seputar Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Suyanto. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.24071/hv.v1i1.3408

DOI (PDF): https://doi.org/10.24071/hv.v1i1.3408.g2327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Collaborated with:
P3SI
 

e-ISSN: 2797-9415
p-ISSN: 2797-9776

ALAMAT REDAKSI

Program Studi Pendidikan Sejarah-FKIP, Universitas Sanata Dharma

Mrican, Tromol Pos 29, Yogyakarta 55002

Telepon (0274) 513301, 515352;
Fax. (0274) 562383

E-mail: hisvit-spps@usd.ac.id