ANALISIS PERAN DAN PROGRAM PENDIDIKAN SEKOLAH KATOLIK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI WILAYAH KEVIKEPAN KEDU

Stefanus Kristian Kevin, Maria Chika Pramesti, Tiur Valentina Siregar, Mateayani Fili Gulo

Abstract


Banyaknya kasus kenakalan remaja menjadi perhatian dalam pendidikan katolik untuk membentuk dan mengembangkan karakter yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana peran dan program pendidikan sekolah Katolik dalam pembentukan karakter siswa di wilayah kevikepan Kedu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 150 orang yang terlibat dalam pendidikan sekolah Katolik di Kevikepan Kedu, seperti orang tua, pengurus sekolah, guru, karyawan sekolah dan para murid. Subjek melakukan Focus Group Discussion (FGD) dan hasil FGD tersebut dinotulensikan dan ditulis ke dalam g-form sebagai survei kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pendidikan Katolik di wilayah Kevikepan Kedu memiliki peran dan program yang sangat penting dalam pembentukan karakter seperti pendidikan berbasis iman, role model guru yang baik, kegiatan retret dan live-in, pendidikan dalam menggereja, teknologi yang modern, dan kurikulum yang memadai sehingga membentuk karakter yang beriman, disiplin, bermoral, reflektif, kemampuan beradaptasi dengan teknologi, dan kompetensi pengetahuan 


Keywords


Pendidikan Katolik, Sekolah Katolik, Karakter

References


Daga Agutinus Tanggu. “Relevansi Kurikulum Mata Kuliah Pendidikan Agama Katolik Dalam Mengembangkan Karakter Mahasiswa” 7 (2019): 49–61.

Delfra, Louis A, C S C William, C Mattison, Sean D Mcgraw, and Timothy R Scully. Education in a Catholic Key, 2017.

Gleeson, Jim, John O’Gorman, Peta Goldburg, and Maureen O’Neill. “The Characteristics of Catholic Schools: Comparative Perspectives from the USA and Queensland, Australia.” Journal of Catholic Education 21, no. 2 (June 13, 2018). https://doi.org/10.15365/joce.2102042018.

———. “The Characteristics of Catholic Schools: Comparative Perspectives from the USA and Queensland, Australia.” Journal of Catholic Education 21, no. 2 (June 13, 2018). https://doi.org/10.15365/joce.2102042018.

Groome, Thomas. “Catholic Education: From and for Faith.” International Studies in Catholic Education 6, no. 2 (July 3, 2014): 113–27. https://doi.org/10.1080/19422539.2014.929802.

———. “Catholic Education: From and for Faith.” International Studies in Catholic Education 6, no. 2 (July 3, 2014): 113–27. https://doi.org/10.1080/19422539.2014.929802.

Haru, Emanuel. “Peran Guru Pendidikan Agama Katolik Sebagai Gembala.” Jurnal Alternatif Wacana Ilmiah Interkultural 10, no. 1 (April 13, 2021): 43–62. https://doi.org/10.60130/ja.v10i1.42.

Hatmoko, Tomas Lastari, and Yovita Kurnia Mariani. “MODERASI BERAGAMA DAN RELEVANSINYA UNTUK PENDIDIKAN DI SEKOLAH KATOLIK.” JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik 22, no. 1 (April 20, 2022): 81–89. https://doi.org/10.34150/jpak.v22i1.390.

Hidayati, Nur Alfin, Herman J. Waluyo, Retno Winarni, and Suyitno Suyitno. “Exploring the Implementation of Local Wisdom-Based Character Education among Indonesian Higher Education Students.” International Journal of Instruction 13, no. 2 (April 1, 2020): 179–98. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13213a.

———. “Exploring the Implementation of Local Wisdom-Based Character Education among Indonesian Higher Education Students.” International Journal of Instruction 13, no. 2 (April 1, 2020): 179–98. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13213a.

Kewa, M. Maria, “Dampak Perayaan Ekaristi Terhadap Keterlibatan Umat Paroki Pohon Bao Dalam Panca Tugas Gereja”, JAPB: Jurnal Agama, Pendidikan dan Budaya 3, no. 1 (Oktober 08, 2022): 139-146. https://doi.org/10.56358/japb.v3i1.137

Lapsley, Daniel, and Katheryn Kelley. “On the Catholic Identity of Students and Schools: Value Propositions for Catholic Education.” Journal of Catholic Education 25, no. 1 (2022): 159–77. https://doi.org/10.15365/joce.2501072022.

Leasa, Marleny, and John Rafafy Batlolona. “FULL DAY SCHOOL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SMKN 13 KOTA MALANG.” Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora 6, no. 1 (April 14, 2017): 73. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v6i1.9903.

Maney, Jennifer, Carrie King, and Thomas J. Kiely. “Who Do You Say You Are: Relationships and Faith in Catholic Schools.” Journal of Catholic Education, October 26, 2017, 36–61. https://doi.org/10.15365/joce.2101032017.

Putra Agustinus Hermino Superma. “Manajemen Kurikulum Berbasis Karakter Pada Satuan Pendidikan,” n.d.

Fiantika, Feny R., Mohammad Wasil, and Sri Jumiyati. METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF, 2022. www.globaleksekutifteknologi.co.id.

Saputra, Igansius N. “IPTEK Sebagai Sarana Berkatekese Dalam Pembinaan Iman Siswa/I Khususnya Di Masa Pandemi Covid-19.” In Theos : Jurnal Pendidikan Dan Theologi 2, no. 4 (April 28, 2022): 117–24. https://doi.org/10.56393/intheos.v2i4.1248.

Veny, Khatarina Yogesti, Andreas Andri Djatmiko, and Prodi PKn STKIP PGRI Tulungagung. “PEMBENTUKAN KARAKTER NILAI SOSIAL SISWA MELALUI PROGRAM KEGIATAN LIVE IN ATAU OUTDOOR ACTIVITIES,” n.d.

Vivi, Febrianti. “Konsep Moralitas Dalam Perspektif Agama Katolik.” The Ushuluddin International Student Conference 1 (February 2023): 380–89.

Wati, Maria Puspa Asmoro, Caroline Resthy Wardhani Halawa, and Teresia Noiman Derung. “Keterlibatan Orang Muda Katolik Dalam Kegiatan Menggereja Di Wilayah Gempol Malang.” In Theos : Jurnal Pendidikan Dan Theologi 1, no. 12 (January 20, 2023): 377–82. https://doi.org/10.56393/intheos.v1i12.1213.

Wicaksono, Galuh. “KATAKESE TENTANG PELAYANAN GEREJA BAGI PPA PAROKI IJEN DI MASA PANDEMI COVID-19” 2 (2022): 1–10.

Wilig. Introduction Qualitative Research in Psychology. Maidenhead: Open University Press, 2013.




DOI: https://doi.org/10.24071/div.v2i1.7438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter

E-ISSN: (Validity Starting Volume 1 No. 2, Juli 2023) 2988-2311

P-ISSN: (Validity Starting Volume 1 No. 2, Juli 2023) 2988-5434

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.