PERSEPSI UMAT KATOLIK TERHADAP KUALITAS PENDIDIKAN SEKOLAH KATOLIK DI KEVIKEPAN YOGYAKARTA BARAT DAN KEVIKEPAN YOGYAKARTA TIMUR

Fransiska Lyra Ayu Widiastuti, Maria Gratia Lintang Natalie, Aurelia Christy Agatha, Gabriella Maharani

Abstract


Persepsi adalah pandangan yang dibentuk oleh individu melalui pengolahan informasi dan pengalaman yang diterima melalui proses penginderaan. Dalam proses ini, individu memberikan interpretasi dan penilaian terhadap stimulus atau objek tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gambaran persepsi umat katolik terhadap kualitas pendidikan sekolah katolik di Kevikepan Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan realis. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kombinasi Focus Group Discussion (FGD) dengan teknik survei melalui google form yang disebarkan ke WhatsApp Group dari bulan Juni hingga Agustus 2023. Subjek dalam penelitian ini adalah umat katolik yang berada di paroki wilayah Kevikepan Yogyakarta Barat sebanyak 23 paroki dan Kevikepan Yogyakarta Timur sebanyak 25 paroki. Umat katolik yang terlibat dalam FGD di paroki memiliki pengalaman atau terlibat dengan pendidikan sekolah katolik, seperti orang tua, murid, guru atau tenaga pendidik, hingga karyawan sekolah di Kevikepan Yogyakarta Barat dan Kevikepan Yogyakarta Timur. Subjek melakukan FGD menggunakan beberapa instrumen pertanyaan yang telah disusun, lalu hasil FGD tersebut dinotulensikan ke dalam google form. Hasil penelitian dianalisis dengan teknik tematik dan ditemukan bahwa umat katolik di Kevikepan Yogyakarta memiliki persepsi yang positif terhadap sekolah katolik. Hasil persepsi tersebut juga ditemukan ketidakselarasan antara persepsi positif umat katolik dengan kenyataan data penerimaan siswa baru yang mengalami penurunan di beberapa sekolah katolik.


Keywords


Persepsi, Pendidikan Katolik, Sekolah Katolik.

References


Ayiriga, Lambertus, Samsi Haryanto, & Mulyoto Mulyoto. “Implementasi Pembelajaran Ekstrakurikuler Bola Basket Di SMA Santo Mikael Sleman, Yogyakarta.” Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 9, no. 2 (October 10, 2021): 96–106. https://doi.org/10.30738/wd.v9i2.12173.

Arifin, Hadi Suprapto, Ikhsan Fuady, & Engkus Kuswarno. “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Mahasiswa UNTIRTA Terhadap Keberadaan Perda Syariah Di Kota Serang”. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik 21, no. 1 (Juli, 2017): 88-101.

Dasrimin, H. "Implementasi pendidikan karakter di sekolah katolik dalam terang dokumen educating to fraternal humanism". Studia Philosohica et Theologica 23 no. 1 (2023), https://doi.org/10.35312/spet.v23i1.469.

Dewantara, A. W. "Filosofi Pendidikan yang Integral dan Humanis dalam Perspektif Mangunwijaya". JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik 13 no. 7 (2015): 3-9, https://doi.org/10.34150/jpak.v13i7.136.

Dian, Purnama, Emilya Tyas Wahyu Ningsih, & Theresia Mardinah. “Studi Tentang Peran Sosial Sekolah Di SD Kanisius Sorowajan Yogyakarta.” JPPAK (Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik) 3, no. 1 (2023): 55–76. https://doi.org/https://doi.org/10.52110/jppak.

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2023). Data Sekolah - Pauddikdasmen. Data Pokok Pendidikan. Retrieved October 26, 2023, from https://dapo.kemdikbud.go.id/sp/1/040000.

Jehaut, M. R. "Panggilan untuk mengajar: Harapan terhadap pendidik katolik dalam berbagai dokumen magisterium Gereja". Jurnal Alternatif Wacana Ilmiah Interkultural 1 no. 1 (2019): 23-36. https://doi.org/10.60130/ja.v1i1.31

Kitab Hukum Kanonik 1983, terj. Sekretariat KWI. Jakarta: Obor, 1991.

Kongregasi untuk Pendidikan Katolik, Instrumentum Laboris, Mendidik Di Masa Kini dan Masa Depan: Semangat Yang Diperbarui (7 April 2014), dalam Seri Dokumen Gerejawi 97 (Jakarta: Departemen Dokumentasi dan Penerangan KWI, 2015).

Konsili Vatikan II. “Gravissimum Educationis dalam Dokumen Konsili Vatikan II, terj. R. Hardawiryana, S.J”. Jakarta: Dokumentasi dan Penerangan KWI – Obor, 1993

Maney, J. S., King, C., & Kiely, T. J. "Who do you say you are: Relationships and faith in catholic schools". Journal of Catholic Education 21 no. 1 (2017). http://dx.doi.org/10.15365/joce.2101032017.

Pandangan Jogja Com. “Sekolah Katolik Kekurangan Murid Dan Kesulitan Finansial,” n.d. https://kumparan.com/pandangan-jogja-com/sekolah-katolik-kekurangan-murid-dan-kesulitan-finansial-1scDX3s5uqL/full.

Partana, Pradito Rida. “Kekurangan Murid, SD Kanisius Trengguno Gunungkidul Berencana Tutup Sekolah.” DetikJateng, n.d. https://www.detik.com/jateng/jogja/d-6201462/kekurangan-murid-sd-kanisius-trengguno-gunungkidul-berencana-tutup-sekolah.

Prasetyo, M. F. "Sekolah katolik pribumi van lith di Muntilan tahun (1900-1942)." AVATARA: e-Journal Pendidikan Sejarah 6 no. 1 (2018): 124-133.

Sari, Rininta Sari, Budi Hartana, & Adi. Wasito. “Persepsi Masyarakat Tentang Pembentukan Karakter Siswa Pada Sekolah Katolik Di Ambarawa.” JPPAK (Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik) 3, no. 1 (2023): 98–111. https://doi.org/https://doi.org/10.52110/jppak.v3i1.65.

Teo, T. (2014). Encyclopedia of critical psychology. New York: Springer.

Walgito, B. (2004). Pengantar Psikologi Umum (Eds. 4). Yogyakarta: ANDI.

Wayansari, L., Nusantara, W., & Soedjarwo. "Partisipasi masyarakat dalam mewujudkan masyarakat pembelajar (learning society) melalui Kampung Herbal Nginden Kecamatan Sukolilo Surabaya". Jurnal Pendidikan Untuk Semua 3 no. 1 (2019): 27-36.

Wetu, Herman Embuiru. “Pendidikan Karakter Sebagai Bagian Dari Revolusi Mental Menurut Pandangan Gereja Katolik.” ATMA REKSA: Jurnal Pastoral Dan Kateketik 2, no. 1 (2017). https://doi.org/https://doi.org/10.53949/ar.v2i1.9.

Willig, C., & Rogers, S. (2017). The Sage Handbook of Qualitative Research in Psychology. Los Angeles: Sage Publications.

Yuwono, M., & Khairina. “Berdiri Sejak 1973, SD Kanisius Trengguno Gunungkidul Tutup Karena Kurang Murid.” Kompas.com, n.d. https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/07/12/125843778/berdiri-sejak-1973-sd-kanisius-trengguno-gunungkidul-tutup-karena-kurang?page=all.




DOI: https://doi.org/10.24071/div.v2i1.7429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter

E-ISSN: (Validity Starting Volume 1 No. 2, Juli 2023) 2988-2311

P-ISSN: (Validity Starting Volume 1 No. 2, Juli 2023) 2988-5434

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.