Dikotomi Kendali Menurut Stoikisme dalam Pembinaan Calon Imam
(1) Sanata Dharma University
(2) Sanata Dharma University
(3) Sanata Dharma University
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Otoritas Gerejawi telah menetapkan sejumlah pedoman dan indikator dalam pembinaan calon imam. Dalam usaha memenuhi sejumlah syarat tersebut para calon imam rentan untuk mengalami perasaan khawatir dan cemas. Dengan menggunakan metode pengumpulan data studi pustaka penulis ingin memperlihatkan penerapan Dikotomi Kendali ala Stoikisme dapat menjadi jalan untuk mencegah emosi negatif dalam diri para calon imam. Pemahaman yang tepat mengenai Dikotomi Kendali dan penerapannya dalam kehidupan para calon imam dapat membantu para calon imam untuk mengarahkan fokus hanya pada hal-hal yang dapat dikendalikan. Dengan demikian para calon imam bisa membangun kepribadian yang matang secara merdeka, tanpa tekanan psikolgis dan emosi negatif.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Epictetus. Discourses. Translated by Elizabeth Carter with minor emendations by Daniel Kolak. https://antilogicalism.com/wp-content/uploads/2016/12/epictetus_discourse.pdf
Fransiskus, Paus. Ratio Fundamentalis Institutionis Sacerdotalis. Congregation for The Clergy, 2016.
Kees, Bertens. Sejarah Filsafat Yunan. Yogyakarta: Kanisius, 2018.
Lie, Bedjo. “Kebahagiaan dan Kebaikan-kebaikan Eksternal: Sebuah Perbandingan antara Filsafat Stoa dan Kristen.” Veritas 12, no 2 (Oktober 2011)
Maelany, Ajeng. “Relasi Pengedalian Emosi Diri dengan Konsep Stoisisme dan Tasawuf.” Gunung Djati Conference Series 8, (2022): 271-282.
Manampiring, Henry. Filosofi Teras. Jakarta: Penerbit Kompas, 2019.
Maulana, Yas Hadi, dan Radea Yuli A. Hambali. “Peran Filsfafat Stoisisme dalam Fenomena Kesehatan Mental Perspektif Psikologi dan Islam.” Gunung Djati Conference Series 19, (2023): 582-592. https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
Maulyana, Andi, dan Astrid Veranita Indah. “Eudaimonia dalam Filsafat Stoa sebagai Dasar Etika.” Jurnal Aqidah-Ta IX, no 1 (2023): 33-50.
Mulya, Hantoro Adhi, dan Endang Sri Indrawati. “Hubungan Antara Motivasi Berprestasi dengan Stres Akademik pada Mahasiswa Tingkat Pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang.” Jurnal Empati 5, no 2 (April 2016): 296-302.
Paulus VI, Paus. Optatam Totius. Departemen Dokumentasi dan Penerangan Konferensi Waligereja Indoneisa, 2009.
Prada, Miguel Ruiz, Samuel Fernandez-Salinero, Cristina Garcia-Ael, Gabriela Topa. “Occupational Stress and Catholic Priests: A Scoping Review of the Literature.” Journal of Religion and Health, (August 2021): 3807-3870. https://doi.org/10.1007/s10943-021-01352-0
Purwoko, Kristianto, Damar Prasetyo, Lilis Endang Wijayanti, dan Wawan Setiawan. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan terhadap Pengendalian Intern.” Jurnal Riset Akuntansi dan Auditing 9, no. 3 (November 2022): 15-28. https://10.55963/jraa.v9i3.485
Robin Waterfield. “Epictetus the Complete Works.” Review of The Montreal Review, December2022, https://www.themontrealreview.com/Articles/Some_things_are_up_to_us_and_some_are_not
Sya’bani, Zanzibar Nurnajmuddin, Agung Pranata Weynanda, Mochammad Falerio Atorik, Mohammad Alvi Pratama. “Etika dalam Stoik.” Praxis: Jurnal Filsafat Terapan 1, no 2 (2024), 1-17. DOI: 10.11111.
Syarifuddin, Ahmad, Hartika Utami Fitri dan Ayu Mayasari. “Konsep Stoisisme untuk Mengatasi Emosi Negatid menurut Henry Manamping.” Bulletin iof Counseling and Psychotherapy 3, no 2 (September 2021): 99-104. https://doi.org/10.51214/bocp.v3i2.116
Wibowo, Setyo. “Ataraxia: Stoikisme Bagi Masyarakat Serba Cepat (A. Setyo Wibowo) – Diskusi Tesis Schole ID.” Interview bersama Schole ID. Youtube, 2020, Audiovisual, 24:15. https://www.youtube.com/watch?v=eGSGcePY-zcDOI: https://doi.org/10.24071/div.v3i1.10584
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
E-ISSN: (Validity Starting Volume 1 No. 2, Juli 2023) 2988-2311
P-ISSN: (Validity Starting Volume 1 No. 2, Juli 2023) 2988-5434
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.