Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk RETORIK?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

RETORIK memuat artikel hasil refleksi dan penelitian dalam bidang Kajian Budaya yang belum pernah dipublikasikan di tempat lain. Pengecualian bisa dibuat bila redaksi memandang bahwa artikel yang pernah terbit tersebut baik dan akan menjangkau sidang pembaca yang lebih luas lewat publikasi di jurnal ini.

Pengiriman artikel Jurnal RETORIK dapat dilakukan secara online atau melalui e-mail attachment.

  • Pengiriman artikel secara online: penulis harus login sebagai pengguna (user) di dalam jurnal online ini. Jika Anda sudah mendaftar, silakan KLIK DI SINI untuk login. Jika Anda belum mendaftar sebagai  user, KLIK DI SINI. Keunggulan pengiriman artikel secara online adalah penulis dapat memantau perkembangan review dan editing artikel yang sudah dikirim.
  • Pengiriman artikel melalui e-mail attachment: penulis mengirimkan artikel dalam format Microsoft Word (*.doc, *.docx) ditujukan kepada REDAKSI RETORIK. Gambar dan bagan yang digunakan juga dikirimkan melalui file yang berbeda dengan format bitmap (*.jpg, *.tiff, *.png,*bmp, *.gif) dengan resolusi 300px. Alamat pengiriman melalui e-mail: magisterirb@usd.ac.id.

 

Ketentuan Umum

  • Artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Inggris sepanjang 5.000 – 9.000 kata, dilengkapi abstrak dalam Bahasa Indonesia sepanjang maksimal 200 kata dengan maksimal 6 (enam) kata kunci. Resensi Buku tidak lebih dari 2.500 kata dan dilengkapi informasi mengenai judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, dan tebal halaman.
  • Kepastian pemuatan akan diberitahukan kepada penulis melalui e-mail segera sesudah ada keputusan.
  • Penulis yang artikelnya dimuat akan menerima ucapan terima kasih berupa nomor bukti 2 eksemplar dan 10 cetak lepas artikelnya.

 

Ketentuan Khusus

  • Artikel memuat judul, nama penulis, lembaga tempat penulis sedang bekerja atau berafiliasi, alamat lengkap, alamat e-mail penulis, abstrak, kata-kata kunci, dan daftar pustaka.
  • Catatan tambahan dalam artikel ditulis sebagai catatan kaki dengan nomor Arab (1, 2, 3, …).
  • Referensi ditulis di dalam tubuh artikel (body note) dalam bentuk (Pengarang, Tahun Terbit) dan segera sesudah kutipan yang dimaksud atau di akhir kalimat yang diterangkan. Misalnya:
… logika ekuivalensi adalah logika menghadapi musuh bersama (Laclau, 1996).
Menurut Laclau (1996), logika ekuivalensi adalah logika menghadapi musuh bersama.
  • Kutipan lebih dari 3 baris diketik dengan menggunakan spasi tunggal, diberi baris baru, dan menjorok ke kanan. Kutipan sepanjang 3 baris atau kurang dituliskan sebagai bagian dari paragraf dengan diapit oleh tanda kutip ganda (“ … “).
  • Daftar Pustaka dituliskan secara alfabetis memakai nama terakhir pengarang dan editor dan hanya memuat sumber-sumber yang dikutip atau dirujuk di dalam artikel. Misalnya:
Caraway, T.L. (2006) “Freedom of Association: Battering Ram or Trojan Horse?”, Review of International Political Economy 13,2:210-232.
Chakrabarty, D. (1989) Rethinking Working-Class History: Bengal, 1890-1940, Princeton: Princeton University Press.
Williams, R. (1983) “Culture” dalam D. McLellan (ed.) Marx, the First 100 Years, Oxford: Fontana.

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Jika artikel yang Anda tulis sudah pernah dimuat/dipublikasikan di tempat lain, silakan menuliskan nama judul artikel (bila berbeda), nama terbitan/media, penerbit, serta tanggal penerbitan. Jika memungkinkan sertakan tautan url.
  2. Artikel Anda dalam format *.doc atau *.docx (Microsoft Word).
  3. Artikel terdiri atas 5.000 - 9.000 kata dengan maksimal 6 kata kunci; atau terdiri maksimal dari 2.500 kata untuk Resensi Buku.
  4. Anda sudah menyiapkan abstrak sepanjang maksimal 200 kata.
  5. Anda sudah menyiapkan Daftar Pustaka sesuai dengan ketentuan penulisan di Jurnal RETORIK.
  6. Anda sudah memeriksa referensi yang menggunakan body note dan footnote (bila ada) dan memeriksa kutipan sesuai ketentuan.
  7. Jika ada gambar atau bagan yang perlu disertakan, Anda sudah menyiapkannya di file terpisah dengan resolusi 300 px.
 

Pemberitahuan Hak Cipta

Hak Cipta tulisan/artikel yang sudah diterbitkan adalah di tangan Jurnal RETORIK. Pengutipan sebagian tulisan di dalam Jurnal RETORIK tetap harus menyebutkan sumber, baik tautan url maupun sumber cetak.

 

Pernyataan Privasi

Data-data pengguna yang dimasukkan di dalam jurnal ini semata-mata untuk keperluan pengelolaan Jurnal RETORIK dan tidak akan digunakan untuk kepentingan lain dan tidak akan diserahkan kepada pihak ketiga.