Tingkat Kebahagiaan Peserta Didik Dengan Sistem Full Day School Ditinjau Dari Jenis Kelamin Laki-Laki Dan Perempuan

Gelia Puspa Nanda(1*), Bernadinus Agus Arswimba(2),

(1) Bimbingan dan Konseling Universitas Sanata Dharma Yoyakarta
(2) Bimbingan dan Konseling Universitas Sanata Dharma Yoyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini mempunyai tujuan untuk: (1) Mengetahui bagaimana tingkat kebahagiaan siswi perempuan di SMA N 1 Karangdowo Klaten terkait belajar menggunakan sistem full day school, (2) Mengetahui bagaimana tingkat kebahagiaan siswa laki-laki di SMA N 1 Karangdowo Klaten terkait belajar menggunakan sistem full day school, (3) Mendeskripsikan perbedaan tingkat kebahagiaan peserta didik SMA N 1 Karangdowo Klaten. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dimana peneliti melakukan pengumpulan data lewat teknik observasi dan menggunakan metode kuisioner. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMA N 1 Karangdowo Klaten yang berjumlah 70 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah melalui proses validasi menggunakan JASP versi 14. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Tingkat kebahagiaan Siswi perempuan mayoritas 18 siswa (48%) masuk dalam kategori tinggi. (2) Tingkat kebahagiaan siswa laki-laki mayoritas 12 siswa (57%) masuk dalam kategori sedang. (3) Terdapat perbedaan tingkat kebahagiaan antara laki-laki dan perempuan 2 siswa (2%) yang kebahagiaannya masuk dalam kategori sangat tinggi, 40 siswa (70%) masuk dalam kategori tinggi, dan 21 siswa (20%) masuk dalam kategori rendah.

Keywords


Tingkat Kebahagiaan, Full Day School, Siswa

Full Text:

PDF

References


Maharani, Deviana. (2015) "Tingkat kebahagiaan (happiness) pada mahasiswa fakultas ilmu pendidikan universitas negeri yogyakarta." Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling 4.6.

Kamilah, Alfiyah Nahdah, and Diana Rahmasari. (2022)"Hubungan Antara Regulasi Emosi Dengan Kebahagiaan Pada Remaja Madya Relationship Between Emotion Regulation and Happiness of Middle Adolescent.".

Anas, Muhammad, and Nur Fadhilah Umar (2021). "Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebahagiaan Siswa." Proceeding of National Seminar Universitas Negeri Makasar. Vol. 9. No. 0.

Devy, Y. K. (2020). Pelaksanaan full day school di SMA Negeri 4 Singaraja meningkatkan kelelahan dan kebosanan serta kontribusinya terhadap prestasi belajar siswa kelas XI MIPA. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha, 7(1), 33-42.

Usman, J. (2017). Konsep Kebahagian Martin Seligman. Rausyan Fikr: Jurnal Ilmu Studi Ushuluddin dan Filsafat, 13(2), 359-374.

Soapatty, L., & Suwanda, T. (2014). Pengaruh sistem sekolah sehari penuh (full day school) terhadap prestasi akademik siswa SMP Jati Agung Sidoarjo. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 2(2), 717-733.

Hendra, Robi (2023). Hubungan Penerapan Full Day School dan Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa di SMP N 4 Merangin (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).

Pratiwi, R. A., & Rahmi, A. (2023). Dampak Full Day School Terhadap Konsetrasi Belajar Siswa Di Sma Negeri 4 Pariaman. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan, 1(1), 105-112.

Mukhid, A. (2021). Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Jakad Media Publishing




DOI: https://doi.org/10.24071/sol.v6i1.9444

DOI (PDF): https://doi.org/10.24071/sol.v6i1.9444.g4217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Gelia Puspa Nanda, Bernadinus Agus Arswimba

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.