KORELASI PERSEPSI SISWA TENTANG KEDISIPLINAN GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA

Paulina Palan Barek(1*), Robertus Budi Sarwono(2),

(1) Bimbingan Konseling Universitas Sanata Dharma
(2) Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui tingkat persepsi siswa tentang kedisiplinan guru. (2 ) mengetahui tingkat hasil belajar siswa kelas XI AK mata pelajaran jasa dagang manufaktur. (3) mengetahui ada tidaknya hubungan antara persepsi siswa tentang kedisiplinan guru dengan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Depok Sleman Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi yang berjumah 108 siswa. Skala yang digunakan adalah skala persepsi siswa tentang kedisiplinan guru dengan hasil belajar siswa dengan skor item valid yaitu 48 item dan memiliki indek reliabilitas Alpa Cronbach sebesar 0,804. Skala persepsi siswa tentang kedisiplinan guru dengan hasil belajar siswa disusun berdasarkan aspek kedisiplinan guru dengan indikatorNya adalah : (1) Konsistensi dalam Penerapan Aturan, (2) Tepat Waktu dan Kesiapan Mengajar, (3) Pengaturan Kelas yang Efektif, (4) Komunikasi yang Efektif, (5) Pemberian Umpan Balik yang Konstruktif. Uji korelasi dalam penelitian ini mengunakan Pearson Product Moment yang dibantu menggunakan Program SPSS 23. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Terdapat hubungan yang negatif antara persepsi siswa tentang kedisiplinan guru dengan hasil belajar siswa dengan nilai Pearson Product Moment 0,151 dan ρ-value 120 yang artinya masuk dalam kategori sangat lemah. (2) Tingkat persepsi siswa tentang kedisiplinan guru berada pada kategori netral 41%. (3) Tingkat hasil belajar siswa berada pada kategori tinggi 37%.

Keywords


Pesepsi Siswa, Kedisiplinan Guru, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Busyaeri, A., & Muharom, M. (2016). Pengaruh sikap guru terhadap pengembanga karakter(peduli sosial) siswa di MI Madinatunnajah Kota Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(1).

Mulyasa, 2016. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021). Analisis motivasi belajar dan hasil belajar siswa di masa pandemi covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90-101.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Paulina Palan Barek, Robertus Budi Sarwono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.