Hubungan Antara Tingkat Stres dengan Motivasi Penyusunan Skripsi Pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Angkatan 2019 Universitas Sanata Dharma

Anggita Kinasih Lestari(1*), Maria Sri Hastuti(2),

(1) Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Sanata Dharma
(2) Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Sanata Dharma
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) seberapa tinggi tingkat stress mahasiswa penyusun skripsi (2) seberapa tinggi tingkat motivasi mahasiswa penyusun skripsi (3) hubungan antara tingkat stress dengan motivasi mahasiswa penyusun skripsi.Penelitian ini merupakan studi korelasional. Sampel berjumlah 65 orang mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling Angkatan 2019 yang sedang menyusun skripsi. Teknik analisis mengunakan kategorisasi, uji normalitas, uji linearitas, dan uji hipotesis korelasional. Pengumpulan data menggunakan Skala Tingkat Stres (44 item valid dengan nilai korelasi uji reliabilitas 0.945) dan Skala Tingkat Motivasi (44 item dengan nilai korelasi uji reliabilitas 0.933). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) stress mahasiswa penyusun skripsi berada pada tingkat sedang (43%), 2)motivasi mahasiswa penyusun skripsi berada pada tingkat tinggi (49%), 3) terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat stres dengan motivasi mahasiswa penyusun skripsi (r= -0.316, signifikansi 0.010<0.05).

Keywords


mahasiswa penyusun skripsi, motivasi, stres

Full Text:

PDF

References


A Octavia, Silphy. (2020). Model Model

Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Asmawan, M. C. (2016). Analisis Kesulitan

Mahasiswa Menyelesaikan Skripsi. Jurnal

Pendidikan Ilmu Sosial, I(02), 51-57

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan validitas.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar

B. Uno, Hamzah. (2021). Teeori Motivasi Dan

Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Bunyamin, A. (2021). Mengelola Stres dengan

Pendekatan Islami dan

Psikologis. Idaarah: Jurnal Manajemen

Pendidikan, 5(1), 145-159.

Ekawarna, H. (2018). Manajemen Konflik dan

Stress. Jakarta: Bumi Aksara.

Erindana, F. U. N., Nashori, H. F., & Tasaufi, M. N. F.

(2021). Penyesuaian diri dan stres

akademik mahasiswa tahun

pertama. Motiva: Jurnal Psikologi, 4(1), 11-




DOI: https://doi.org/10.24071/sol.v5i2.7873

DOI (PDF): https://doi.org/10.24071/sol.v5i2.7873.g3752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Anggita Kinasih Lestari, Maria Sri Hastuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.