Memperkenalkan Model Pendidikan Karakter Di SMP Berbasis Layanan Bimbingan Klasikal Kolaboratif Dengan Pendekatan Experiential Learning
(1) Universitas Sanata Dharma
(2) SMA Stella Duce II Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahman. (1998). Bimbingan Perkembangan:
Model Bimbingan dan Konseling di
Sekolah Dasar. Disertasi (tidak
diterbitkan). Bandung: Program
Pascasarjana Institut Keguruan dan Ilmu
Pendidikan.
Armita Septiana Darwis, Firdaus W Suhaeb.
(2021). Gaya Hidup Remaja Pekerja Seks
Komersial. Jurnal Sosialisasi Jurnal
Hasil Pemikiran, Penelitian, dan
Pengembangan Keilmuan Sosiologi
Pendidikan Vol. 8, (2), Juli, 117-127
https://ojs.unm.ac.id/sosialisasi/article/vi
ewFile/22677/11635
Arthur, J. dalam Larry P. Nucci & Darcia
Narvaez. (2014). Handbook Pendidikan
Moral dan Karakter. Bandung: Nusa
Media
Baharuddin dan Esa Nur Wahyu. (2007). Teori
Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta:
Ar-Ruzz Media Grup.
Barus, G. (2008). Model Prosedur
Pengembangan dan Implementasi
Program Bimbingan dan Konseling di
Sekolah Dasar. Widya Dharma, Majalah
Ilmiah Kependidikan. 19 (1), 37-61, Okt.
Barus, G. (2011). Pengembangan Instrumen
Asesmen Kebutuhan Perkembangan
Peserta Didik sebagai Sarana Penyusunan
Kurikulum BK di Sekolah. Jurnal
Penelitian dan Evaluasi Pendidikan PPs
UNY. 15 (1). 75-90, Juni 2011
Barus, Gendon, dkk. (2019). Bimbingan
Klasikal Nuansa Pendidikan Karakter.
Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata
Dharma
Borg, W.R., & Gall, M.D. (1983).
Educational Research: An Introduction.
New York & London: Longman.
Dewi, E.M.P. (2016). Gambaran Karakter dan
Aspirasi Terhadap Pendidikan Karakter
Pada Mahasiswa Psikologi Universitas
Negeri Makassar (UNM). INQUIRY
Jurnal Ilmiah Psikologi, Vol. 7 (2), Des.
-91 https://journal.paramadina.ac.id/
https://journal.paramadina.ac.id/index.ph
p/inquiry/article/view/102
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah
Pertama Ditjen Manajemen Pendidikan
Dasar dan Menengah Kementerian
Pendidikan Nasional. (2010). Panduan
Pendidikan Karakter di Sekolah
Menengah Pertama. Jakarta:
Kementerian Pendidikan Nasional.
Djemari Mardapi. (2008). Teknik penyusunan
instrumen tes dan nontes. Jogjakarta:
Mitra Cendikia.
Gysbers, N.C. & Henderson, P. (2000).
Developing and Managing Your School
Guidance Program (3rd ed.). Alexandria,
VA: American Counseling Association.
Gysbers, N.C. (2004). Comprehensive
Guidance and Counseling Programs: The
Evolution of Accountability. Professional
School Counseling, 8 (1), 1-14, Oct, 2004.
Hayes, R. L., Paisley, P. O., Phelps, R. E.,
Pearson, G., & Salter, R. (1997).
Integrating theory and practice:
Counselor educator-school counselor
collaborative. Professional School
Counseling, 1(1), 9-12.
DOI: https://doi.org/10.24071/sol.v5i2.7872
DOI (PDF): https://doi.org/10.24071/sol.v5i2.7872.g3751
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Gendon Barus, Dirtya Sunyi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.