Peran Konsep Diri Dalam Membentuk Kepercayaan Diri Mahasiswa

Alifa Inggit Widyana(1*), Robertus Budi Sarwono(2),

(1) Bimbingan dan Konseling Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
(2) Bimbingan dan Konseling Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


: Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui ada tidaknya hubungan antara konsep diri dengan kepercayaan diri mahasiswa Bimbingan dan Konseling angkatan 2020 Universitas Sanata Dharma, (2) Mengetahui seberapa baik konsep diri pada mahasiswa, (3) Mengetahui seberapa tinggi kepercayaan diri mahasiswa, (4) Mengetahui butir item skala konsep diri mana saja yang teridentifikasi rendah, (5) Mengetahui butir item skala kepercayaan diri mana saja yang teridentifikasi rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Penelitian ini dilakukan di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Bimbingan Konseling angkatan 2020 yang berjumlah 102 orang. Skala pertama yang digunakan adalah skala konsep diri dengan 32 item valid dan memiliki indek reliabilitas Alpa Cronbach sebesar 0,926. Skala konsep diri disusun berdasarkan aspek konsep diri yaitu : (1) Aspek Citra Diri, (2) Aspek Bahasa, (3) Aspek Umpan Balik dari Lingkungan, (4) Aspek pola asuh atau Praktet-Prakter Membesarkan Anak. Skala kedua yang digunakan adalah skala kepercayaan diri dengan 27 item valid dan memiliki indek reliabilitas 0,931. Skala kepercayaan diri disusun berdasarkan aspek kepercayaan diri yaitu: (1) Keyakinan Kemampuan Diri, (2) Optimis, (3) Bertanggung Jawab, (4) Rasional dan Realistis, (5) Objektif. Uji korelasi penelitian ini menggunakan Spearman Correlation yang dibantu menggunakan program JASP 0.17.0.0. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Tingkat konsep diri yang menjadi sampel penelitian ini cenderung pada kategori tinggi (50%), (2) Tingkat kepercayaan diri yang menjadi sampel penelitian ini cenderung pada kategori tinggi (64,7%) (3) Terdapat hubungan yang signifikan positif antara konsep diri dengan kepercayaan diri dengan nilai Spearman rho 0,606 dan nilai ρ-value ˂.001 yang artinya masuk dalam kategori sangat kuat

Keywords


Konsep Diri, Siswa, Topik Bimbingan

Full Text:

PDF

References


Burns. (1993). Konsep Diri : Teori, pengukuran,

perkembangan, dan perilaku (Eddy, Ed.). Penerbit

Arcan.

Ifdil, I., Denich, A. U., & Ilyas, A. (2017). Hubungan Body

Image dengan Kepercayaan Diri Remaja Putri.

Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(3), 107–

https://doi.org/10.17977/um001v2i32017p107

Mamlu’ah, A. (2019). Konsep Percaya Diri dalam Al

Quran Surat Ali Imran Ayat 139. Jurnal Pendidikan

Dan Kajian Keislaman, 01, 31.

Mirhan, O. :, Betty, J., & Jusuf, K. (2016). Hubungan

antara Percaya Diri dan Kerja Keras dalam

Olahraga dan Keterampilan Hidup. Jurnal

Olahraga Prestasi, 12(1), 87.

Nurika, B. (2016). Hubungan antara Konsep Diri dengan

Kepercayaan Diri Remaja yang Mengunggah Foto

Selfie di Instagram (Ditinjau dari Jenis Kelamin dan

Usia). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Oktaria, Y., & Pardede, K. (2008). Konsep Diri Anak

Jalanan Usia Remaja. Jurnal Psikologi, 1(2).

Sari, D. U., & Khoirunnisa, R. N. (2021). Hubungan

antara Konsep Diri Terhadap Kepercayaan Diri

Mahasiswa Jurusan X yang sedang Menyelesaikan

Skripsi di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal

Penelitian Psikologi, 08.

Zulkarnain, I., Asmara, S., & Sutatminingsih, R. (2020).

Membentuk Konsep Diri Melalui Budaya Tutur:

Tinjauan Psikologi Komunikasi (F. I. Butsi, Ed.).

Puspantara




DOI: https://doi.org/10.24071/sol.v5i1.6945

DOI (PDF): https://doi.org/10.24071/sol.v5i1.6945.g3482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Alifa Inggit Widyana, Robertus Budi Sarwono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.