Korelasi Penggunaan Media Sosial Instagram Dan Relasi Sosial Siswa SMAK St. Ignatius Loyola Labuan Bajo

Kuirinus Edwin Juru(1*), Maria Sri Hastuti(2),

(1) Bimbingan dan Konseling Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
(2) Bimbingan dan Konseling Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) menggambarkan tingkat penggunaan media sosial Instagram pada siswa siswi SMAK St. Ignatius Loyola, (2) menggambarkan relasi sosial pada siswa siswi SMAK St. Ignatius Loyola, dan (3) mengetahui hubungan antara penggunaan media sosial Instagram dan relasi sosial siswa siswi SMAK St. Ignatius Loyola. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan teknik korelasi. Subjek penelitian ini adalah 60 orang siswa siswi kelas X, XI, dan XII SMAK St, Ignatius Loyola, tahun ajaran 2022/2023 yang menggunakan Instagram. Pengumpulan data menggunakan kuesioner Penggunaan Media Sosial Instagram yang memuat 41 item (index reliabilitas 0.938) dan kuesioner Relasi Sosial yang memuat 43 item (index reliabilitas 0.944). Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kategorisasi dan korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian, pertama, terkait penggunaan media sosial Instagram menunjukkan bahwa 19 orang (31,67%) pada kategori sangat tinggi, 34 orang (56.67) kategori tinggi, 6 orang (10%) kategori sedang), dan 1 orang (1,66%) kategori rendah. Kedua, terkait relasi sosial menunjukkan bahwa 24 orang (40%) pada kategori sangat baik, 27 orang (45%) pada kategori baik, 9 orang (15%) kategori cukup baik. Ketiga, terdapat hubungan positif dan signifikan antara penggunaan media sosial instragram dan relasi social (r=0,379; taraf signifikansi 0.003<0.05)

Keywords


Media sosial Instagram, Relasi sosial, Siswa SMA

Full Text:

PDF

References


Aditia, R. (2021). Fenomena Phubbing: Suatu Degradasi Relasi Sosial Sebagai Dampak Media

Sosial. KELUWIH: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 2(1), 8-14.

Astuti, S. (2012). Pola Relasi Sosial dengan Buruh Tani dalam Produksi Pertanian. Medan:

Universitas Sumatera Utara

Gani, A. G. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perkembangan Anak Remaja. Jurnal

Mitra Manajemen, 7(2).

Harmiliya, R., Mulawarman, M., & Nusantoro, E. (2019). Pola Relasi Sosial Teman Sebaya

Ditinjau dari Penggunaan Media Sosial Pada Siswa. Indonesian Journal of Guidance

and Counseling: Theory and Application, 8(1), 1-6.

Harmiliya, R., Mulawarman, M., & Nusantoro, E. (2019). Pola Relasi Sosial Teman Sebaya

Ditinjau dari Penggunaan Media Sosial Pada Siswa. Indonesian Journal of Guidance

and Counseling: Theory and Application, 8(1), 1-6.

Hasan, M. H., & Ramadhan, C. S. (2020). The Effect of Social Media Instagram on Juvenile

Delinquency. Prosiding UMY Grace, 1(2), 529-539.

Permata, E.H (2017). Instagram dan Representasi Diri Analisis Kuantitatif Hubungan Media

Sosial Sosial Instagram Dengan Presentasi Diri Mahasiswa Ilmu Komunikasi

(UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA)

Sevila, K. A., & Agustina, I. H. (2021, December). Identifikasi Relasi Sosial Permukiman

Magersari, Keraton Kasepuhan, Cirebon. In Prosiding Seminar Nasional Unimus (Vol.

.

Salsabilla, S. J. (2023). Analisis Perubahan Makna Meluas (Generalisasi) Dan Perubahan

Makna Total Dalam Media Sosial Instagram. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka

Tunggal Ika, 1(1), 19-33.




DOI: https://doi.org/10.24071/sol.v5i1.6943

DOI (PDF): https://doi.org/10.24071/sol.v5i1.6943.g3480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Kuirinus Edwin Juru, Maria Sri Hastuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.