Minat Siswa Mengikuti Bimbingan Karir

Christopher Adhe(1*), Bernardinus Agus Arswimba(2),

(1) Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
(2) Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini untuk: (1) Mengidentifikasi tingginya minat para siswa kelas XI SMK Bopkri Dua Yogyakarta tahun pelajaran 2021/2022 terhadap layanan bimbingan karir. (2) Mengetahui butir- butir pegukuran dalam kuisioner minat siswa mengikuti bimbingan karir yang tergolong memiliki skor yang rendah sebagai dasar penyusunan program bimbingan bagi siswa kelas XI SMK Bopkri Dua Yogyakarta (3) Mengetahui topik-topik bimbingan apa saja yang dapat meningkatkan minat siswa kelas XI mengikuti layanan bimbingan karir di SMK Bopkri Dua Yogyakarta.

Penelitian menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan kuisioner berjumlah 55 item, dengan subjek penelitian siswa kelas XI SMK Bopkri Dua Yogyakarta sebanyak

47 siswa. Nilai koefisien reliabilitas instrument menggunakan pendekatan Alpha Chronbach (α) sebesar 0,952.

Penelitian menunjukan bahwa tingkat minat siswa mengikuti bimbingan karir sangat tinggi, yaitu sebanyak 33 siswa (70,2%). Item skor terendah yaitu pada kategori sedang sebanyak 2 item (3,64%), berdasarkan kedua item tersebut disusun dua topic bimbingan, yaitu, ,

(1) Pentingnya Mempelajari Karir dan (2) Menyusun masa depan karir dari sekarang. Minat siswa kelas XI SMK Bopkri Dua sangat tinggi berbeda dengan hasil observasi penulis lakukan. Penelitian ini dilakukan sebagai acuan dasar dalam membantu siswa mengetahui karir ke depan, yaitu dengan mengetahui tingkat minat terlebih dahulu.

Keywords


Minat Siswa, Bimbingan Karir

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Azwar . 2011. Reliabilitas dan Validitas.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Zarkasih, Khamim (2017). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. Jurnal: Aplikasi Ilmu-ilmu A gama. Vol 17, (diakses pada tanggal 20 Agustus 2022)




DOI: https://doi.org/10.24071/sol.v4i2.6919

DOI (PDF): https://doi.org/10.24071/sol.v4i2.6919.g3461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Christopher Adhe, Bernardinus Agus Arswimba

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.