Pedagogi Ajrih Asih Sebuah Pemikiran Indigenous dalam Pengembangan Diri SiswaSiswi SD Mangunan

Budi Sarwono(1*),

(1) Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Pedagogi ajrih asih adalah sebuah konsep indigenous dalam praksis pengembangan diri siswa siswi Sekolah Dasar. Konsep ini diinisiasi oleh Mangunwijaya seorang budayawan, novelis, arsitek sekaligus praktisi pendidikan dasar di SDKE Mangunan Yogyakarta. Sekolah tersebut menjadi salah satu model pengembangan diri dalam persekoahan di Indonesia. Tulisan ini membahas pemikiran pemikiran dasar yang digunakan Mangunwijaya dalam mendampingi generasi muda, untuk merangsang pemikiran pemikiran indigenous lainnya dalam mengembangkan kepribadian individu anak didik

Keywords


(pedagogi ajrih asih, pemikiran indigenous, pengembangan diri)

Full Text:

PDF

References


Mangun.W., Suharyo.I., Jatmiko S Y

(2005) Dari Pelajaran Agama ke Pendidikan

Religiousitas. Yogyakarta. Dinamika Edukasi

Dasar, Misereor/KZE

Mangun. W (2004) Pendidikan

Pemerdekaan Catatan Separuh Perjalanan SDK

Eksperimen Mangunan. Yogyakarta. Dinamika

Edukasi dasar, Misereor/KZ




DOI: https://doi.org/10.24071/sol.v4i1.6258

DOI (PDF): https://doi.org/10.24071/sol.v4i1.6258.g3266

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Budi Sarwono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.