Pedagogi Ajrih Asih Sebuah Pemikiran Indigenous dalam Pengembangan Diri SiswaSiswi SD Mangunan
(1) Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Pedagogi ajrih asih adalah sebuah konsep indigenous dalam praksis pengembangan diri siswa siswi Sekolah Dasar. Konsep ini diinisiasi oleh Mangunwijaya seorang budayawan, novelis, arsitek sekaligus praktisi pendidikan dasar di SDKE Mangunan Yogyakarta. Sekolah tersebut menjadi salah satu model pengembangan diri dalam persekoahan di Indonesia. Tulisan ini membahas pemikiran pemikiran dasar yang digunakan Mangunwijaya dalam mendampingi generasi muda, untuk merangsang pemikiran pemikiran indigenous lainnya dalam mengembangkan kepribadian individu anak didik
Keywords
(pedagogi ajrih asih, pemikiran indigenous, pengembangan diri)
Full Text:
PDFReferences
Mangun.W., Suharyo.I., Jatmiko S Y
(2005) Dari Pelajaran Agama ke Pendidikan
Religiousitas. Yogyakarta. Dinamika Edukasi
Dasar, Misereor/KZE
Mangun. W (2004) Pendidikan
Pemerdekaan Catatan Separuh Perjalanan SDK
Eksperimen Mangunan. Yogyakarta. Dinamika
Edukasi dasar, Misereor/KZ
DOI: https://doi.org/10.24071/sol.v4i1.6258
DOI (PDF): https://doi.org/10.24071/sol.v4i1.6258.g3266
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Budi Sarwono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.