Penerimaan Diri pada Siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama

Alexandra Amanda Rizal(1*), Bernardinus Agus Arswimba(2),

(1) Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
(2) Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Topik yang dipilih dalam Jurnal ini dibahas setelah melihat berbagai hal yang penulis lihat dan dengar dari lingkungan di sekeliling subjek. Dari hasil perbincangan dan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti, maka peneliti memilki dugaan bahwa siswasiswi di sekolah tersebut memiliki masalah dalam hal Penerimaan Diri. Peneliti memilih menggunakan metode Deskriptif Kuantitatif dan setelah dilakukan penelitian ternyata hasilnya ditemukan bahwa ada 25 siswa (36%) dengan tingkat penerimaan diri pada kategori sangat tinggi, 36 siswa (51%) pada kategori tinggi, 9 siswa (13%) pada kategori sedang, dan tidak ditemukan siswa pada kategori rendah dan sangat rendah. Dari hasil analisi capaian skor item Tingkat penerimaan diri pada siswa-siswi kelas VIII SMP Pangudiluhur Wedi Klaten teridentifikasi 16 item (33%) dengan capaian skor sangat tinggi, 26 item (54%) dengan skor tinggi, 6 item (13%) dengan skor sedang dan tidak ditemukan item dengan capaian skor rendah dan sangat rendah. Berdasarkan analisis capaian skor item Tingkat penerimaan diri tersebut diusulkan topik-topik bimbingan yaitu, (1) Diriku yang berharga, (2) Aku menjadi lebih baik karena kritik, (3) Focus on the Goal, (4) All control is on me, (5) Me and my strengths. (6) Diriku yang apa adanya.

Keywords


Penerimaan Diri, Siswa

Full Text:

PDF

References


Bernard, M.E. (2013) The Strength of Self-Acceptence: Theory, Research and Practice. New York:

Springer.

Carson, S. H., & Langer, E. (2006) Mindfullnes and Self-acceptance. Journal of Rational- Emotive and

Cognitive-Behavior Therapy. DOI : 10.1007/s10942-006-0022-5

Husaini, Rizkia. (2022) “Penerimaan Diri Sebagai Landasan Kesehatan Mental”. Artikel, Fakultas

Psikologi Universitas Sumatera Utara.

Ilham, Luthfian Muhammad. (2021) “Rational Emotive Behavior Theraphy dalam mengatasi

penerimaan diri negatif seorang remaja di Madiun”. Skripsi, Fakultas Dakwah dan

Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Mufidatu, Fatihul Z. (2015). “Studi Kasus Penerimaan Diri Remaja yang memiliki keluarga tiri di

Desa Banjarsari Kabupaten Tulungagung”. Skripsi, Fakultas Psikologi Universitas Islam

Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, diakses dari http://etheses.uinmalang.ac.id/3116/1/11410079.pdf

Pillay, Srini MD. (2016) Greater self-acceptance improves emotional well-being. Harvard Health

Publising.

Pratisya, Eunike Christina. (2017) Penerimaan Diri siswa sekolah menengah pertama Bukit Sion

Jakarta Barat. Jurnal Psiko Edukasi. Guru BK SMP Kristen Penabur Gading Serpong.

Sabrina, Claudia. (2020). Seni Berdamai Dengan Diri Sendiri. Yogyakarta: Bright Publisher.

Siregar, Syofian. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif; dilengkapi dengan perbandingan

perhitungan manual dan SPSS. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Yarmis, Refnadi Marjohan. (2021). Self-Acceptance of High School students in Indonesia. Jurnal

Riset Tindakan Indonesia. Pasca Sarjana Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri

Padang, Indonesia




DOI: https://doi.org/10.24071/sol.v4i1.6256

DOI (PDF): https://doi.org/10.24071/sol.v4i1.6256.g3264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Alexandra Amanda Rizal, Bernardinus Agus Arswimba

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.