Tingkat Kemampuan Mengelola Emosi Mahasiswa (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan Dan Konseling Angkatan 2018 Dan 2019 Universitas Sanata Dharma)
Monica Damarkos
(1*), Yohanes Heri Widodo
(2),
(1) Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
(2) Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat kemampuan mengelola emosi mahasiswa program studi bimbingan dan konseling Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. (2) Mengetahui butir item yang dapat dipakai untuk mengetahui tingkat kemampuan mengelola emosi mahasiswa yang terindikasi rendah yang dapat diusulkan sebagai topik bimbingan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa aktif program studi bimbingan dan konseling angkatan 2018 dan angkatan 2019 sebanyak 80 mahasiswa. Pengumpulan dan data menggunakan skala pengelolaan emosi dengan item 29 yang valid dan memiliki indeks reliabilitas Alpha Cronbach sebesar 0.885. Kuesioner disusun berdasarkan 4 aspek kemampuan mengelola emosi yaitu (1) Kemampuan mengatur emosi positif maupun emosi negatif dengan baik, (2) Kemampuan menyadari emosi, mengendalikan emosi secara sadar dan otomatis, dan (3) Kemampuan menguasai tekanan akibat dari masalah yang dihadapi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah statistik deskriptif yang mengacu pada norma kategorisasi dengan jenjang sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan mengelola emosi pada mahasiswa program studi bimbingan dan konseling angkatan 2018 dan angkatan 2019 diperoleh 33 (41%) masuk pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil perhitungan skor item capaian pengukuran kemampuan mengelola emosi mahasiswa, terdapat 1 item yang terindikasi rendah. 1 item ini akan digunakan sebagai usulan topik bimbingan untuk meningkatkan mengelola emosi mahasiswa
Keywords
Mengelola Emosi, Mahasiswa
References
Fitri, N. F., & Adelya, B. (2017). Kematangan emosi remaja dalam pengentasan masalah. Jurnal
Penelitian Guru Indonesia, 2(2), 10.
Indah, D. R., Kamala, I., & Anggraini, H. (2020). Regulasi Emosi Pada Mahasiswa Selama Proses
Pembelajaran Daring Di Program Studi PG-PAUD FKIP UPR. Jurnal Pendidikan Dan
Psikologi Pintar Harati, 16(2), 14.
Mulati, T. S. (2020). Gambaran Kecerdasan Emosional Mahasiswa Prodi D-III Kebidanan dan
Program Studi Sarjana Terapan Berlanjut Pendidikan Profesi Bidan. Jurnal Kebidanan
dan Kesehatan Tradisional, 5(1), 50–54. https://doi.org/10.37341/jkkt.v5i1.134
DOI:
https://doi.org/10.24071/sol.v4i1.6253
DOI (PDF):
https://doi.org/10.24071/sol.v4i1.6253.g3261
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Monica Damarkos, Yohanes Heri Widodo
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.