Pengaruh Citra Destinasi, Fasilitas Wisata terhadap Minat Berkunjung Ulang (Studi kasus Wisatawan Pantai Klayar Pacitan)

Siti Lestari(1*), Ima Kristina Yulita(2), T Handono Eko Prabowo(3),

(1) Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta
(2) Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta
(3) Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


This study aims to determine: 1) the influence of the image of destinations and tourist facilities simultaneously on the interest in revisiting at Klayar Beach Pacitan, 2) the influence of the image of the destination on the interest in revisiting at Klayar Beach Pacitan, 3) the influence of tourist facilities on the interest in revisiting at Klayar Beach Pacitan. The population in this study are all tourists who have visited and are currently visiting Klayar Beach. The sampling technique used was purposive sampling. Data was obtained by distributing questionnaires to 100 respondents. The data analysis technique in this study was multiple linear regression. analysis using the IBM SPSS Statistic 25 application. The results showed that: 1) the image of the destination, tourist facilities simultaneously affected the interest in returning to Klayar Beach, Pacitan, 2) the image of the destination partially affected on interest in revisiting Klayar Beach Pacitan, 3) tourism facilities partially affect interest in revisiting Klayar Beach Pacitan.

Keywords


destination image, tourist facilities, interest in revisiting

Full Text:

PDF

References


Jurnal

Aviolitasona, Gheraldin Bella. 2017. Pengaruh Citra Destinasi terhadap Minat Kunjung Ulang Wisatawan Umbul Sewu. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Isnaini, Putri Rizkiah Dan Yusri Abdillah 2018. “Pengaruh Citra Merek Destinasi terhadap Keputusan Berkunjung dan Kepuasan Pengunjung serta Dampaknya pada Minat Berkunjung Ulang,” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 55 No. 2 (Februari), 124.

Nuraeni, Bellinda Sofia. 2014. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Kunjung Ulang, Jurnal Bisnis Strategi, Vol. 23 No. 1 (Juli).

Lopes, Sergio Dominique Ferreira. 2011. Destinations Image: Origins,

Developments, and Implication, Revista de Turisimo Patrimonio Cultural, 9 (2), 305-315.

Widhianto, Chandra Wibowo dan Henila Yulita. 2017. “Pengaruh Pemerekatan Kota “Enjoy Jakarta” Terhadap Citra Kota,” Journal of Business & Applied

Management, Vol. 9 No. 1 (November).

Buku

Arjana, I Gusti Bagus. 2016. Geografi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Spillane, James J. 1989. Ekonomi Pariwisata, Sejarah dan Prospeknya. Yogyakarta: Karnisius.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis. Ed.3. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tasci, D.A dan Kozak, M. 2006. Destination Brands Vs Destination Image: Do We Know What We Mean?. Journal of Vacation Marketing.

Umar, Husein. 2003. Metode Riset: Perilaku Konsumen Jasa. Jakarta:Ghalia

Indonesia Yoeti, Oka A. 2003. Tours and Travel Marketing. Jakarta: Pradnya

Paramitha. Yoeti. Oka A. 1983. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung:

Angkasa.

Undang-undang atau Peraturan

Badan Pusat Statistik .”Jumlah Wisatawan Mancanegara dan Domestik 2017-2019”

https://pacitankab.bps.go.id/indicator/16/152/1/jumlahwisatawanmancanegara-dan-domestik.html/ diakses tanggal 20 September 2020

Kementerian PPN/Bappenas. Visi Indonesia 2045.

https://www.bappenas.go.id diakses tanggal 20 September 2020.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 10 Tahun 2009 “Kepariwisataan dan Kebudayaan” https://peraturan.bpk.go.id/Home/Detail/38598/uu-no-10-tahun-2009 diakses tanggal 20 September 2020

Internet

Fatimah, Siti. 2019. “Analisis Pengaruh Citra Destinasi Dan Lokasi Terhadap Minat Berkunjung Kembali.” https://jurnal.amy.ac.id

Ma’rifatun, Siti (2018). “Analisis Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Citra Destinasi

Terhadap Minat Berktanzunjung Ulang Dengan Kepuasan Pengunjung

Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pengunjung Pantai Suwuk)”.

https://lib.stieputrabangsa.ac.id/repository/145501774.pdf diakses tanggal 20 September 2020.

Mahfudhotin, Siti, Iva Nurdiana Nurfarida, & Candra Wahyu Hidayat. 2020.

“Analisis Pengaruh Citra Destinasi, Lokasi Dan Media Sosial Terhadap Minat

Berkunjung Kembali Di Objek Wisata Kampoeng Heritage Kajoetangan

Malang”. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JRMM/article/view/5226

diakses tanggal 2 Juni 2021.

Marpaung, Budiman. 2019. Pengaruh Daya Tarik, Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan

Keselamatan Dengan Kepuasan Wisatawan Sebagai Variabel Interventing

Terhadap Minat Kunjungan Ulang Wisatawan.

https://ojs/mputantular.ac.id/index.php/MPU/article/download/294/356 diakses tanggal 27 Mei 2021.

Muslih, Basthoumi, Restin Meilina, dan Rino Sardanto. 2019. City Image Kota Kediri Setelah Adanya Brand “Harmoni Kediri The Service City.”

https://repository.unkediri.ac.id

Nurhayati, Nendah, R. Deni, M. Danial, dan Asep M. Ramdan. 2019. “Peran Citra

Destinasi Dalam Meningkatkan Niat Wisatawan Berkunjun Kembali Ke

Puncak Darma Geopark Ciletuh Kab. Sukabumi).” https://ojs.unud.ac.id

Rangin, Aprilia Raesha. 2016. “Kebijakan Pengembangan Pariwisata Di Kalimantan

Tengah (Studi Terhadap Pelaksanaan Program Pembangunan Destinasi dan Pengembangan Pemasaran Pariwisata di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata

Provinsi Kalimantan Tengah).” https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JISPAR/article/view/390/19




DOI: https://doi.org/10.24071/exero.v5i1.5037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 EXERO : Journal of Research in Business and Economics