PENGARUH PROGRAM PPKMB TERHADAP KESADARAN DIRI, KESADARAN BELAJAR. CITA-CITA, PERSAHABATAN DAN KEGEMBIRAAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN FISII

Paul Suparno(1*),

(1) Sanata Dharma University, Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Mahasiswa Pendidikan Fisika Semester I, USD, pada TA 2015-2016, mendapatkan program pembinaan kepribadian dan pembelajaran PPKMB yang dilakukan selama satu semester dengan bahan gabungan dari program Universitas dan ballan dari FKIP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sumbangan program PPKMB terhadap tingkat kesadaran diri,
kesadaran belajar, cita-cita, persahabatan, dan kegembiraan pada mahasiswa Pendidikan Fisika, semester I tersebut. Sampelnya adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Fisika semester I yang beljumlah 47 orang. Treatmen yang digunakan adalah pendampingan mahasiswa dengan program PPKMB. Secara umum acara pendampingan itu dilakukan sebagai
berikut: pendamping memberikan peugantar ten tang bahan, mahasiswa memikirkan dan merefieksikan secara pribadi, dilanjutkan sharing dalam kelompok kecil, dan wakil dari tiap kelompok mengungkapkan dalam pleno apa yang dialamidan diperoleh. Instrurnen yang digunakan berupa kuesioner, catatan lapangan, dan lembar kerja mahasiswa. Data dianalisis
secara statistik untuk melihat tingkat masing-masing unsur dan perkembangan yang teljadi, sedangkan data kualitatif dianalisis secara kualitatif. Hasilnya rnenunjukkan bahwa tingkat kesadaran diri, cita-cita, dan persahabatan dengan ternan tinggi; kesadaran belajar cukup; tingkat kesadaran diri dan kesadaran belajar rnereka mengalami perkembangan dari bulan pertama ke bulan ketiga; serta mabasiswa gembira belajar di USD.

Keywords


kesadaran diri, kesadaran belajar, cita-cita, persababatan, program PPKMB, kegembiraan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.