PENGGUNAAN VIRTUAL LAB UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI DALAM MENGGUNAKAN ALAT-ALAT MIKROBIOLOGI
(1) Sanata Dharma University, Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian lUI bertujuan untuk meningkatkan keterarnpilan mabasiswa dalam menggunakan alat-alat mikrobiologi dengan virtual lab. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Sumber data adalab 45 orang mabasiswa Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Sanata Dharma yang mengikuti perkuliaban Mikrobiologi. Penelitian ini dibagi dalarn dua kelas yakni kelas A adalab kelas dengan perlakuan virtual lab dan kelas B adalab kelas tanpa virtual lab. Virtual lab yang digunakan ada dua yakni teknik isolasi mikrobia secara streak plate dan pengecatan gram. PengumpuJan data diperoleh melalui hasil post-test dan tes unjuk kerja. Rata-rata hasil posttest yang diperoleh kelas A 61 ,25, sedangkan kelas B 53,41. Hasil uji t nilai post-lest menunjukkan hasil yang tidak signifikan. Jika dibandingkan dengan kelas B, hasil tes unjuk kelja di kelas
A menunjukkan jumlab congkelan pada media perturnbuhan sedikit, jumIab kontarninasi bakteri dan jarnur sedikit, hasil streak plate jelas, jumlab kuadran yang ditumbuhi bakteri yang diinginkan lebih dari banyak. Dengan dernikian, penggunaan virtual lab dapat meningkatkan keterampilan mabasiswa Program Studi Pendidikan Biologi dalam menggunakan a1atalat mikrobiologi, meskipun peningkatan nilai post-test tidak signifikan.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.