MERANCANG RENCANA PEMBELAJARAN TPACK UNTUK SEKOLAH DASAR KELAS BAHASA INGGRIS

Theresia Yunia Setyawan(1*),

(1) Sanata Dharma University, Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengintegrasian teknologi dalam pembelajaran telah menjadi hal yang sangat umum dalam konteks pendidikan global sekarang ini. Dengan banyaknya jenis teknologi yang tersedia secara luas, guru bahasa Inggris di sekolah dasar harns berhati-hati dalam mendesain pembelajaran bahasa yang mengintegrasikan teknologi dan karenanya juga haruselektif dalam memilih jenis-jenis teknologi yang akan digunakan di dalam kelas. Model Technological PedagogicalContent Knowledge (TPACK) merupakan kerangka yang sangat berguna bagi para guru babasa Inggris di sekolab dasar dalam mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran. Karena proses penyusunan rencana pembelajaran yang sekaligns merupakan proses pengintegrasian teknologi dalam pembelajaran bnkan merupakan bal yang sederhana, artikel studi pustaka ini mencoba untnk mendeskripsikan langkab-langkab yang dapat dilaknkan oleh para guru babasa Inggris di sekolab dasar yang berkeinginan mendesain rencana pembelajaran yang mengintegrasikan teknologi dan yang menggnnakan kerangka TPACK sebagai model.

Keywords


TPACK, rencana pembelajaran Bahasa Inggris, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.