PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (LINTAS MINAT) DI SMA NEGERI 1 KALASAN

Yulia Metty Budiati(1*), FX. Muhadi(2),

(1) Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
(2) Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


This study aimed to determine whether there were: 1) a positive influence of parental supports on students’ achievements in economics (cross-interest) subjects for high school students in Class XI MIPA and 2) a positive influence of the social environments on students’ achievement in economics subjects (cross interests) for high school students in Class XI MIPA. This research was astudy of ex post facto which was conducted in April 2021. The population of this study were students of Class XI MIPA at SMA Negeri  1  Kalasan,  totaling  144  people.  The  research  samples  that  were  108 students were taken by a random sampling technique. The data were collected using questionnaires and documentation. The hypothesis was tested using the Spearman Rank correlation tests. The results showed that: (1) there was no positive influence of parental support on learning achievements in economic subjects (cross interests) for high school students of Class XI MIPA, with the acquisition of sig. (1-tailed) = 0.067 > 0.05 and the value of r count = 0.145; and (2) there was no positive influence of the social environments on learning achievements in economic subjects (cross interests) for high school students of Class XI MIPA, with the acquisition of sig. (1-tailed) = 0.065 > 0.05 and the value of r count = 0.146.

Keywords: Student Achievement, Parental Support, and Social Environment.


Full Text:

PDF

References


Anam, H., & Ardillah, L. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Sosial Terhadap Pemahaman Akuntansi. Jurnal Sains Terapan No.1 Vol.2, 40-47.

Bangun, D. (2008). Hubungan persepsi sswa tentang perhatian orang tua, kelengkapan fasilitas belajar, dan penggunaan waktu belajar di rumah dengan prestasi belajar ekonomi. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol. 5 No.1, 74-94.

Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 1-10.

Fatimah, S. (2015). Pengaruh dukungan orang tua terhadap pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut anak prasekolah di TK Islam AN-NIZAM Medan. FKM Universitas Sumatera Utara Medan: Tidak Diterbitkan.

Haryono, S. (2016). Pengaruh kedisiplinan siswa dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 3 No.3 , 261-274.Hidayat, M. (2015). Pengaruh kebiasaan belajar, lingkungan belajar, dan dukungan orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas ix ips di man bangkalan. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan Vol. 3 No. 1, 103-114.

Hidayati, F., Kaloeti, D. V., & Karyono. (2011). Peran ayah dalam pengasuhan anak. Jurnal Psikologi UNDIP Vol. 9 No. 1, 1-10.

Indrawati, F. (2013). Hubungan antara minat baca, pemberian tugas, dan motivasi belajar dengan prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Kalasan. Jurnal Formatif Vol.3 No.3, 215-223.

Katrin, Y. (2016). Hubungan antara minat baca, pemberian tugas, dan motivasi belajar dengan prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Kalasan. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi Vol. 5 No. 1, 42-50.

Kurniawan, D., & Wustqa, D. U. (2014). Pengaruh perhatian orangtua, motivasi belajar, dan lingkungan sosial terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 2, 176-187.

Agama Islam Negeri Tulungagung: Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Nugraheni, M. B. (2020). Pengaruh peran guru pembimbing, public speaking, dan percaya diri mahasiswa terhadap keberhasilan PLPKP mahasiswa Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Ekonomi, dan Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta: Tidak diterbitkan.

Oktorina, T. (2018). Pengaruh disiplin belajar dan lingkungan sosial terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Sanata Dharma. FKIP Universitas Sanata Dharma Yogyakarta: Tidak Diterbitkan.

Pitoewas, B. (2018). Pengaruh lingkungan sosial dan sikap remaja terhadap perubahan tata nilai. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan Vol. 3 No. 1, 8-18.

Sahputra, D., & Hutasuhut, D. H. (2019). Kontribusi dukungan orang tua terhadap disiplin belajar siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam Vol. 2 No. 1, 35-39.

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan Vol. 2 No.2, 115-123.

Syarifuddin, A. (2011). Penerapan model pembelajaran cooperative belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jurnal Ta’dib Vol XVI, 113-136.

Tamara, R. M. (2016). Peranan lingkungan sosial terhadap pembentukan sikap peduli lingkungan peserta didik di SMA Negeri Kabupaten Cianjur. Jurnal Pendidikan Geografi, 44-55




DOI: https://doi.org/10.24071/jpea.v15i2.4600

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN (online) 2829-6117 ISSN (cetak) 1978-8770

 

    

Kontak:

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma

Jl. Affandi, Mrican, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta 55281

Telp (0274) 513301 Ext. 1445 Faks. (0274) 562383

Email: jpea@usd.ac.id

Peta: https://goo.gl/maps/Fzo43axWqLFqYcwS8