EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPS SD

Adimassana Adimassana(1*), Rusmawan Rusmawan(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


This study aims to determine the effectiveness of the implementation of cooperative learning model jigsaw I and II to improve students achievement in social studies at primary school. This research used quasi-experimental method. The populations were all fourth grade students from nine primary school in Yogyakarta. The data were collected through observation, documentation, and testing. The data were analized using t-test. The results showed that (1) jigsaw I cooperative learning model was effective in terms of learning achievement IPS; (2) jigsaw II of cooperative learning model effective in terms of learning achievement in social studies; and (3) the jigsaw 1 was more efective then the second in terms of learning achievement in social studies.

Keywords : model jigsaw cooperative learning, academic achievement IPS, efectivity.


Full Text:

PDF

References


Ambarwati. 2012. Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar PKn Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II Materi Sistem

Pemerintahan Pada Siswa Kelas IV SD Kanisius Totogan Semester 2 Tahun Pelajaran 2011/2012 (skripsi). Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Armawan. 2014. Perbedaan Prestasi Belajar IPS Atas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw 2 Pada Siswa Kelas V Semester 2 (Skripsi), Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Aronson et.al. 1978. The Jigsaw Classroom, Beverly Hills, CA: Sage.

Asih, Novia Catur Wiji. 2014. Perbedaan Prestasi Belajar IPS Atas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw 1 Pada Siswa Kelas V Semester 2 (Skripsi), Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Depdiknas. 2007. Bahan Sosialisasi KTSP, Jakarta: Depdiknas.

Inggriani, Christina. 2014. Perbedaan Prestasi Belajar IPS Atas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw 1 Pada Siswa Kelas IV Semester 2 (Skripsi), Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Killen, Roy. 2009. Effective Taching Strategies (5 ed.): Lessons from research and practice, South Melbour ne: Cengage Learning Australia.

Mahandani, Rosalia Pratiwi. 2014. Perbedaan Prestasi Belajar IPS Atas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw 2 Pada Siswa Kelas V Semester 2 (Skripsi), Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Nastiti. 2012. Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar PKn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II Materi Koperasi Pada Siswa Kelas IV SD Kanisius Wirobrajan Semester 2 Tahun Pelajaran 2011/2012 (skripsi). Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Prasetyanto, Carolus Boromeus Fajar Tri. 2014, Perbedaan Prestasi Belajar IPS Atas Penerapan Model Pembelajaran Kooperat6if Tipe Jigsaw 2 Pada Siswa Kelas V Semester 2 (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

PUSKUR. 2007. Bahan Sosialisasi KTSP. Jakarta: Depdiknas.

Raharjo, Novean. 2014. Perbedaan Prestasi Belajar IPS Atas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw 2 Pada Siswa Kelas IV Semester 2 (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Sari, Ardina Yullyanta. 2014. Perbedaan Prestasi Belajar IPS Atas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw 1 Pada Siswa Kelas V Semester 2 (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Setyawati, Kristina Dewi. 2010. Peningkatan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II (skripsi). Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Sharan, Shlomo. 1999. Handbook of Cooperative Learning (terjemahan dari Handbook of Cooperative Learning methods, Westport: Connection London). Yogyakarta: Familia.

Slavin, R.E. 1990. Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice, Englewood: Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

Sodhiq, Dwi Fibrian Fajar. 2010. Peningkatan Prestasi Belajar Menggunakan Model Cooperative Learning tipe Jigsaw II dalam Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Tidar 7 Magelang Tahun Pelajaran 2009/2010 (skripsi). Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Yohanes Haris. 2010. Peningkatan Prestasi Belajar Menggunakan model Cooperative Learning tipe Jigsaw I dalam Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Kanisius Gowongan Tahun Pelajaran 2009/2010 (skripsi). Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Susanto, Wayan. 2009. Peningkatan Prestasi Belajar Dalam Mata pelajaran IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II pada Siswa Kelas V SD Pangudi Luhur Yogyakarta Tahun 2009/2010 (skripsi). Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Wahyuningsih, Ursula Wahyu Dwi. 2014. Perbedaan prestasi Belajar IPS Atas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw 1 Pada Siswa Kelas IV Semester 2 (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Widyasari, Septi. 2014. Perbedaan Prestasi Belajar IPS Atas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw 1 Pada Siswa Kelas IV Semester 2 (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Utami, Cicilia Yuli. 2009. Peningkatan Keaktifan Siswa Kelas IV A Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw (I) di SD NegeriRinginanom 2 Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2009/2010 (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Yunita, Irine Ika Kusuma. 2014. Perbedaan Prestasi Belajar IPS Atas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw 2 Pada Siswa Kelas IV Semester 2 (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Zaini, Hisyam dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Zuhri, M. Hadi. 2011. Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II, Motivasi Berprestasi, dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA


Refbacks

  • There are currently no refbacks.