Factors Affecting In-role Performance

Yunita Rahmadina(1*), Fathul Himam(2),

(1) Gadjah Mada University
(2) Gadjah Mada University
(*) Corresponding Author

Abstract


Perbincangan mengenai kinerja pegawai sampai saat ini tetap menjadi trending topik dalam dunia Psikologi Industri dan Organisasi. Seiring dengan perkembangan zaman maka tuntutan dan ekspektasi perusahaan terhadap kinerja pegawai (in-role performance) semakin meluas cakupannya. Pada studi ini, peneliti mendalami factor-faktor yang mempengaruhi kualitas dan kuantitas kinerja pegawai, dengan mengacu pada Model Prediktor Kinerja dari Blumberg dan Pringle (1982) yang mengemukakan bahwa kinerja pegawai dipengaruhi oleh tiga komponen utama, yaitu kemauan, kesempatan, dan kapasitas. Didasarkan pada model prediktor kinerja maka data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) untuk mengetahui model fit variabel-variabel yang diteliti. Komponen kemauan diwakili oleh variabel keterlibatan kerja (work engagement) dan keterikatan kerja (job involvement). Komponen kesempatan diwakili oleh variabel kepemimpinan transformasional (transformational leadership) dan kepemimpinan transaksional (transactional leadership). Terakhir, komponen kapasitas diwakili oleh variabel kecerdasan emosi (emotional intelligence). Peneliti menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data pada salah satu perusahaan di Provinsi DI Yogyakarta. Sebanyak 147 subjek berpartisipasi dalam pengumpulan data penelitian ini. Melalui Analisa SEM diperoleh hasil model fit sebesar 0.679 (nilai R2), nilai Q2 seluruh variabel lebih dari 0 (Q2>0), dan nilai Goodness of Fit sebesar 0.376 yang menandakan model ini dapat dengan baik memprediksi kinerja pegawai.

Keywords


in-role performance; job involvement; work engagement; leadership; emotional intelligence

Full Text:

PDF

References


AlMazrouei, S. A., Dahalan, N., & Faiz, M. H. (2015). The impact of emotional intelligence dimensions on employee engagement. International Journal of Management and Commerce Innovations, 3(1), 376-387. ISSN: 2348-7585

Avolio, B. J., & Bass, B. M. (2002). Developing potential across a full range of leadership: cases on transactional and transformational leadership. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.

Bass, B. M. (1985). Leadership and performance beyond expectations. New York: The Free Press.

Bass, B. M. (1999). Two decades of research and development in transformational leadership. European Journal of Work and Organizational Psychology, 8(1), 9-32. doi: 10.1080/135943299939410

Bass, B. M. & Riggio, E. R. (2006). Transformational leadership. (2nd ed.). New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.

Beaton, D. E., Bombardier, C., Guilemin, F., & Ferraz, M. B. (2000). Guidelines for t




DOI: https://doi.org/10.24071/suksma.v5i3.9150

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics

View My Stats