Kaitan antara Kemandirian Belajar dengan Prokrastinasi Akademik

Elsania Handayani(1*), Dendy Setyadi(2),

(1) Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
(2) Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mencari seberapa baik tingkat peran orang tua dalam mendukung prestasi belajar siswa, mengidentifikasi capaian skor item pengukuran orang tua yang teridentifikasi belum optimal untuk dasar pengusulan topik diaolog orang, dan mencari hubungan peran orang tua dengan prestasi belajar. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Penelitian ini melibatkan 87 siswa kelas 10. Dengan menggunakan skala Likert dengan teknik analsis data menggunakan uji korelasional. Dari skala pengukuran peran orang tua terdapat 42 item yang valid dan 8 item dinyatakan gugur. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat peran orang tua yang berada dalam kategori sangat tinggi yaitu dengan frekuensi 44 orang atau 51%, kategori tinggi dengan frekuensi 33 orang atau 38%, kategori sedang dengan frekuensi 9 atau 10%, dan kategori rendah dengan frekuensi 1 atau 1%. (2) Hasil capaian skor item peran orang tua yang teridentifikasi belum optimal sebesar 2% atau 1 item terkait peran orang tua sebagai motivator. Maka dari itu usulan topik dialog orang tua dibuat dalam rangka pencegahan, pengembangan, penanganan. (3) Hasil uji hipotesis diperoleh 0,002 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat hubungan peran orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas X. Hasil penelitian kiranya dapat memberikan sumbangan ilmu yang bermanfaat bagi para orang tua agar dapat mempertahankan dan meningkatkan peran yang positif serta bijak dalam mendukung anaknya meraih prestasi belajar yang baik

Keywords


Peran Orang Tua, Prestasi Belajar, Siswa

Full Text:

PDF

References


Alexandro, R., Putri, W. U., Hariatama, F.,

Oktaria, M., & Sundari, S. (2021). Peran

Orang Tua Dalam Meningkatkan

Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri 2

Muara Teweh Kabupaten Barito Utara.

Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan

Sosial, 13(2), 92-108. http://ejournal.upr.ac.id/index.php/JPIPS/artic

le/view/3717

Ambarita, J., Yuniati, E., & Purnamasari, I.

(2021). Problematika Orang Tua

dalam Menjalankan Perannya

sebagai Guru Bagi Anak Usia Dini.

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak

Usia Dini, 6(3), 1819–1833.

Arwen, D. (2021). Pentingnya Peran Orang

Tua dalam Meningkatkan Prestasi

Belajar Siswa. Journal of Education and

Instruction (JOEAI), 4(2), 564–576.

Fitroturrohmah, M., & Azizah, M. (2019).

Hubungan Peran Orang Tua dengan

Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SDN

KEDUNG 01 Jepara. Janacitta: Journal of

Primary and Children’s Education, 2(2),

-30.

Mahfudi, H., N. (2020). Hubungan Peran

Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar

Siswa Kelas V SDN Legokulon 2.

Education and Learning of

Elementary School, 1(1), 1-9.

http://ejournal.stkipmodernngawi.a

c.id/index.php/ELES/article/view/1




DOI: https://doi.org/10.24071/sol.v5i1.6972

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Elsania Handayani, Dendy Setyadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.