Tingkat Kematangan Emosi Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Sanata Dharma Angkatan 2022

Elshadai Dora Ananda(1*), Robertus Budi Sarwono(2),

(1) Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
(2) Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui tingkat kematangan emosi mahasiswa bimbingan dan konseling Universitas Sanata Dharma angkatan 2022. (2) Mengidentifikasi butirbutir pengukuran item kuisoner tingkat kematangan emosi mahasiswa bimbingan dan konseling Universitas Sanata Dharma angkatan 2022 yang perolehan skornya rendah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Sanata Dharma Angkatan 2022. Instrumen pengumpulan data berupa kuisioner menggunakan skala likert. Item tingkat kematangan emosi yang valid 38 item, sedangkan yang tidak valid 2 item. Indeks reliabilitas Alpha Cronbach sebesar 0,850. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) 33% atau 23 mahasiswa bimbingan dan konseling Universitas Sanata Dharma angkatan 2022 memiliki kematangan emosi berada pada kategori sangat tinggi, (2) 61% atau 43 mahasiswa bimbingan dan konseling Universitas Sanata Dharma angkatan 2022 memiliki kematangan emosi berada pada kategori tinggi, (3) 6% atau 4 mahasiswa bimbingan dan konseling Universitas Sanata Dharma angkatan 2022 memiliki kematangan emosi berada pada kategori sedang. Hasil penelitian capaian skor ini menunjukkan bahwa: (1) kategori sangat tinggi sebanyak 38 (90%) item, (2) Item dalam kategori tinggi sebanyak 4 (10%) item.

Keywords


Kematangan emosi, Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Chaplin, J. P. (2011). Kamus Lengkap Psikologi.

Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Hurlock, E. B. (2004). Psikologi Perkembangan.

Jakarta: Erlangga.

Siregar, A. R. (2006). Motivasi Berprestasi

Mahasiswa Ditinjau dari Pola Asuh. Diakses

pada 30 Maret 2009 dari

http://library.usu.ac.id/download/fk/06009

(1) .pdf

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian

Pendidikan. Bandung: PT IKPI.

Yusuf, Syamsu. (2012). Psikologi

Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:

Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.24071/sol.v4i2.6933

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Elshadai Dora Ananda, Robertus Budi Sarwono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.