Minat Siswa Mengikuti Bimbingan Karir
(1) Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
(2) Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan kuisioner berjumlah 55 item, dengan subjek penelitian siswa kelas XI SMK Bopkri Dua Yogyakarta sebanyak
47 siswa. Nilai koefisien reliabilitas instrument menggunakan pendekatan Alpha Chronbach (α) sebesar 0,952.Penelitian menunjukan bahwa tingkat minat siswa mengikuti bimbingan karir sangat tinggi, yaitu sebanyak 33 siswa (70,2%). Item skor terendah yaitu pada kategori sedang sebanyak 2 item (3,64%), berdasarkan kedua item tersebut disusun dua topic bimbingan, yaitu, ,
(1) Pentingnya Mempelajari Karir dan (2) Menyusun masa depan karir dari sekarang. Minat siswa kelas XI SMK Bopkri Dua sangat tinggi berbeda dengan hasil observasi penulis lakukan. Penelitian ini dilakukan sebagai acuan dasar dalam membantu siswa mengetahui karir ke depan, yaitu dengan mengetahui tingkat minat terlebih dahulu.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Azwar . 2011. Reliabilitas dan Validitas.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Zarkasih, Khamim (2017). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. Jurnal: Aplikasi Ilmu-ilmu A gama. Vol 17, (diakses pada tanggal 20 Agustus 2022)
DOI: https://doi.org/10.24071/sol.v4i2.6919
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Christopher Adhe, Bernardinus Agus Arswimba
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.