Kepercayaan Diri Mahasiswa/i Angkatan 2020 Program Studi Bimbingan dan Konseling di Universitas Sanata Dharma

Ag Krisna Marheni(1*),

(1) Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan tingkat kepercayaan diri Mahasiswa/i angkatan 2020 Program Studi Bimbingan dan Konseling di Universitas Sanata Dharma; (2) membuat usualan topik-topik pendampingan guna meningkatkan dan memperbaiki kepercayaan diri mahasiswa/i Mahasiswa/i angkatan 2020 Program Studi Bimbingan dan Konseling di Universitas Sanata Dharma. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan Kuesioner Kepercayaan Diri, yang terdiri dari 40 item. Kuesioner dibuat berdasarkan aspek kepercayaan diri; (1) keyakinan kemampuan diri; (2) optimis; (3) objektif; (4) bertanggung jawab; (5) rasional dan realistis. Nilai koefisien reliabilitas instrumen menggunakan pendekatan Alpha Cronbach (α) sebesar 0,800. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kategorisasi, yaitu sangat baik, baik, sedang, buruk dan sangat buruk. Subjek penelitian berjumlah 94 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) 43 mahasiswa (46%) Mahasiswa/i dari Kabupaten Mappi memiliki tingkat kepercayaan diri sangat baik, 36 mahasiswa (38%) memiliki tingkat kepercayaan diri baik, dan 15 mahasiswa (16%) memiliki tingkat kepecayaan diri sedang. (2) Berdasarkan hasil perhitungan skor item yang teridentifikasi masih rendah sejumlah lima item, diusulkan topik-topik untuk pendampingan guna meningkatkan dan memperbaiki kepercayaan diri Mahasiswa/i Mahasiswa/i angkatan 2020 Program Studi Bimbingan dan Konseling di Universitas Sanata Dharma sebagai berikut: (1)menjadi pribadi yang positif dan optimis, (2) penyesuaian diri.

Keywords


Kepercayaan Diri, Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Anthony. (1992). Rahasia Membangun

Kepercayaan Diri (terjemahan Rita

Wiryadi). Jakarta: Binarupa Aksara.

Dariyo, A. (2011). Psikologi Perkembangan.

Bandung: Refika Aditama.

Fatimah, Enung. (2010). Psikologi

Perkembangan (Perkembangan Peserta

Didik). Bandung: Pustaka Setia.

Ghufron, M., & Risnawita, Rini. (2016).

Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta:

AR-Ruzz Media.

Hakim, Thursan. (2005). Mengatasi Rasa

Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa

Swara.

Komarudin. (2013). Psikologi

Olahraga.Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Thantawy. (2005). Kamus Istilah Bimbingan

dan Konseling. Jakarta: Grasindo




DOI: https://doi.org/10.24071/sol.v4i1.6259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ag Krisna Marheni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.