Pedagogi Ajrih Asih Sebuah Pemikiran Indigenous dalam Pengembangan Diri Siswa-Siswi SD Mangunan

Budi Sarwono

Abstract


Pedagogi ajrih asih adalah sebuah konsep indigenous dalam praksis pengembangan diri siswa siswi Sekolah Dasar. Konsep ini diinisiasi oleh Mangunwijaya seorang budayawan, novelis, arsitek sekaligus praktisi pendidikan dasar  di SDKE Mangunan Yogyakarta. Sekolah tersebut menjadi salah satu model pengembangan diri dalam persekoahan di Indonesia. Tulisan ini membahas pemikiran pemikiran dasar yang digunakan Mangunwijaya dalam mendampingi generasi muda, untuk merangsang pemikiran pemikiran indigenous lainnya dalam mengembangkan kepribadian individu anak didik.  


Keywords


pedagogi ajrih asih, pemikiran indigenous, pengembangan diri

Full Text:

PDF

References


Mangun.W., Suharyo.I., Jatmiko S Y (2005) Dari Pelajaran Agama ke Pendidikan Religiousitas. Yogyakarta. Dinamika Edukasi Dasar, Misereor/KZE

Mangun. W (2004) Pendidikan Pemerdekaan Catatan Separuh Perjalanan SDK Eksperimen Mangunan. Yogyakarta. Dinamika Edukasi dasar, Misereor/KZE


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Budi Sarwono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.