Pedagogi Ajrih Asih Sebuah Pemikiran Indigenous dalam Pengembangan Diri Siswa-Siswi SD Mangunan
Abstract
Pedagogi ajrih asih adalah sebuah konsep indigenous dalam praksis pengembangan diri siswa siswi Sekolah Dasar. Konsep ini diinisiasi oleh Mangunwijaya seorang budayawan, novelis, arsitek sekaligus praktisi pendidikan dasar di SDKE Mangunan Yogyakarta. Sekolah tersebut menjadi salah satu model pengembangan diri dalam persekoahan di Indonesia. Tulisan ini membahas pemikiran pemikiran dasar yang digunakan Mangunwijaya dalam mendampingi generasi muda, untuk merangsang pemikiran pemikiran indigenous lainnya dalam mengembangkan kepribadian individu anak didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Mangun.W., Suharyo.I., Jatmiko S Y (2005) Dari Pelajaran Agama ke Pendidikan Religiousitas. Yogyakarta. Dinamika Edukasi Dasar, Misereor/KZE
Mangun. W (2004) Pendidikan Pemerdekaan Catatan Separuh Perjalanan SDK Eksperimen Mangunan. Yogyakarta. Dinamika Edukasi dasar, Misereor/KZE
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Budi Sarwono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.