Latihan “Pesan Aku (I Message)”: Sebuah Praktek Baik untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Asertif dan Etis Peserta Didik
Risma Indah Larasati
(1*),
(1) SMKN 2 Depok Sleman, Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman dan keterampilan berkomunikasi asertif dan etis peserta didik SMK melalui latihan “pesan aku”. Melalui latihan ini peserta didik diharapkan mampu mengungkapkan pendapat berupa pikiran dan perasaanya secara tepat dan jelas, menampilkan cara komunikasi verbal dan non-verbal yang sesuai, memiliki rasa percaya diri dan mampu mensikapi ajakan-ajakan negatif yang ditawarkan kepadanya dengan tanpa ragu mengungkapkan prinsip-prinsip pribadinya, serta selalu berusaha memelihara relasi yang harmonis dan setara dengan orang lain. Subjek penelitian ini adalah 1 kelas peserta didik kelas XI salah satu SMKN di Yogyakarta. Jumlah peserta didik 30 peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Kegiatan berlatih pesan aku dilakukan dalam format Layanan Bimbingan Klasikal dalam 3 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik menanggapi kegiatan ini dengan respon positif ditandai dengan mau terlibat. Pada awal kegiatan kelihatan memang sulit dan agak malu-malu, terutama dalam latihan mengungkapkan respon asertif secara lisan. Tetapi Guru BK selalu memberi umpan balik untuk tiap respon yang diungkapkan. Pada umumnya peserta didik mampu memberi respon asertif yang sesuai dengan situasi yang diberikan, meskipun masih perlu perbaikan. Melalui berlatih menanggapi dengan tertulis peserta didik mulai dapat mengatur kalimat secara lebih sistematis saat memberi tanggapan. Saat menanggapi situasi rekan yang berisi ajakan negatif, peserta didik mampu mengungkapkan prinsip pribadinya. Respon non-verbal dapat ditampakkan. Pada umumnya peserta didik mampu memberi respon non-verbal yang sesuai. Peserta didik mampu memberi pendapat pribadinya saat diberi kesempatan untuk memberikan hasil pengamatan atau koreksi terhadap penampilan temannya, Peserta didik mampu mengajukan dirinya sendiri tidak menunjuk teman lain. Kesimpulan penelitian ini adalah latihan “pesan aku (I message)” dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan asertif dan etis peserta didik kelas XI SMK
Keywords
komunikasi, asertif, etis, I message
References
Handayani, Sri. (2009). Unggah-Ungguh Dalam Etika Jawa. Skripsi Jurusan Aqidah Filsafat Universitas Islam Negeri Syarif Hidatatullah. Jakarta : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Ikhtisar.com. (2013). Perilaku Agresif, Pasif , dan Asertif Dalam Komunikasi.
Nihayah, Zahrotun. (2014). Hubungan Asertif dengan Kebahagiaan pada Mahapeserta didik Fakultas Psikologi Angkatan 2013 Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate Thesis. Malang : Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. http://etheses. uin-malang.ac,id.
PsychPedia. (2018). ”I” Message. www.goodtherapy.org.
Supratiknya, A. (1995). Komunikasi Antar Pribadi. Yogyakarta Kanisius
Susanto, Hadi. (2013). Meningkatkan Kemampuan Asertif. Wong Kapetakan’s Blog. bagawanabiyasa.wordpress.com.
DOI:
https://doi.org/10.24071/sol.v1i2.3389
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Risma Indah Larasati
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.