Analisis Dinamika Psikologis Guru SMK Sukamaju Ditinjau Dari Teori Sigmund Freud

Simon Nama Samon Lamanepa(1*),

(1) SMP Kolese Kanisius, Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika psikologis seorang guru (pikiran, perasaan, dan perilaku) ketika awal, selama berproses hingga sekarang selama mengajar di SMK Sukamaju dan hal apa saja yang membuat guru masih bertahan mengajar di SMK Sukamaju. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif desain studi kasus. Kasus yang diteliti dalam penelitian ini adalah pergolakan batin guru ketika mengajar di SMK Sukamaju. Sumber data penelitian ini adalah  seorang guru di SMK Sukamaju. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Teknik yang digunakan untuk melihat keabsahan data adalah member check. Teknik analisis data kualitatif yang digunakan adalah dengan membuat verbatim, membuat koding dari verbatim, mengkategorisasi, menyaring data dan melakukan interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dinamika pikiran responden ketika awal, selama mengajar dan hingga saat ini sangat dipengaruhi oleh ego. Responden mengalami dinamika perasaan positif dan negatif. Perubahan perasaan itu di antaranya adalah takjub, senang, puas, nyaman, tidak nyaman, jengkel, marah, sedih, jenuh dan kasihan. Perubahan perasaan ini dipengaruhi oleh superego.  Dinamika pemberian pendisiplinan berawal dari bahasa yang halus, kemudian menjadi bahasa yang agak keras dan akhirnya kembali kepada bahasa yang halus. Perubahan penggunaan intonasi suara terjadi karena mekanisme pertahanan diri pembentukan reaksi. Nilai ibadah, sosok figur, dan pemenuhan kebutuhan ekonomi dalam keluarga menjadi alasan responden masih bertahan mengajar di SMK Sukamaju. Alasan bertahan mengajar sebagai bentuk nilai ibadah dan sosok figur dilatarbelakangi oleh superego dan alasan bertahan mengajar karena kebutuhan ekonomi dilatarbelakangi oleh ego.

Keywords


Dinamika Psikologis, mengajar, Guru SMK Sukamaju, Sigmund Freud

Full Text:

PDF PDF

References


Abraham, Ihsan. (2017). Struktur Kepribadian Tokoh dalam Novel Surat Kecil Untuk Tuhan Karya Agnes Davonar. Kembara, Vol. 3, No. 1, hal. 57. Diunduh pada tanggal 9 April 2020 dari http://ejournal.umm.ac.id/index.php/kembara/article/view/4378/pdf

Ahmad, Maghfur. (2011). Agama dan Psikoanalisa Sigmund Freud. Religia, Vol. 14, No. 2, hal. 284-285. Diunduh pada tanggal 9 April 2020 dari http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/Religia/article/view/92/531

Dachrud, D. & Soleman, A. (2018). Memahami Pencitraan Politik Melalui Pendekatan Mekanisme Pertahanan Diri. Artikel, 33-34. Diunduh pada tanggal 10 April 2020 dari http://journal.iain-manado.ac.id/index.php/PP/article/viewFile/730/585

Feist, Jest & dkk. (2017). Teori Kepribadian. Jakarta: Salemba Humanika.

Friedman, H. S. & Schustack M. W. (2008). Kepribadian Teori Klasik dan Riset Modern. Jakarta : Erlangga.

Husin. (2017). Id, Ego dan Superego dalam Pendidikan Islam. Al Qalam, Vol. 11, No. 23, hal 53. Diunduh pada tanggal 9 April 2020 dari https://jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-qalam/article/view/3/3

Olson M. H. & Hergenhahn. (2013). Pengantar Teori-teori Kepribadian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Prawira, P. A. (2013). Psikologi Kepribadian dengan Perspektif Baru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Suryabrata, Sumadi. (2006). Psikologi Kepribadian. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.24071/sol.v2i1.3388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Simon Nama Samon Lamanepa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.