LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING BAGI ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH INKLUSI MENENGAH PERTAMA
(1) Universitas PGRI Yogyakarta
(2) Universitas PGRI Yogyakarta
(3) Universitas PGRI Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Layanan Bimbingan dan Konseling Bagi Anak Tunagrahita di SMP. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dengan mengambil obyek penelitian di SMP Muhammadiyah 1 Sleman dan SMP Muhammadiyah 2 Mlati. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian ini berupa faktor penghambat pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling adalah layanan yang dilaksanakan setelah pembelajaran berakhir hal tersebut yang menjadikan peserta didik menjadi malas untuk mengikuti layanan bimbingan dan konseling kemudian kurangnya guru bimbingan dan konseling. Guru bimbingan dan konseling hanya ada dua, sedangkan guru tersebut harus mengampu beberapa kelas. Layanan bimbingan dan konseling yang diberikan adalah layanan bimbingan dan konseling belajar dan layanan bimbingan klasikal yang dilaksanakan oleh guru bimbingan dan konseling. Faktor pendukung yakni adanya dorongan dari bapak dan ibu guru, adanya motivasi dan dukungan dari teman sebaya yang ada di dalam kelas pada saat pelaksanaan bimbingan dan konseling.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aqib, Z. (2020). Bimbingan dan Konseling (Tim IPS, Ed.; 1st ed.). Yrama Widya. https://books.google.co.id/
Atmaja, J. R. (2018). Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Rosda. https://bintangpusnas.perpusnas.go.id/
Damastuti, E. (2020). Pendidikan Anak dengan Hambatan Intelektual. Prodi PLB FKIP ULM. https://repo-dosen.ulm.ac.id/
Hamalik, O. (2016). Proses Balajar Mengajar. Bumi Aksara. https://books.google.com/
Mulyani, Y., & Garnida, D. (2016). MODUL GURU PEMBELAJAR SLB TUNAGRAHITA KELOMPOK KOMPETENSI F (1st ed.). PPPPTK TK DAN PLB.
Nurfadilah, S. (2021). Pendidikan Inklusi Tingkat SD (R. Awahita, Ed.; 1st ed.). CV Jejak. https://books.google.co.id/
Octavia, S. A. (2019). Implementasi Manajemen Bimbingan Konseling Di Sekolah/Madrasah (1st ed.). Deepublish. https://books.google.co.id/
Rahardjo, S., & Gudnanto, S. P. (2022). Pemahaman Individu teknik nontes. Prenada Media. https://books.google.com/
Rosilawati, I. (2015). Trik Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan Inklusif. Familia. https://kubuku.id/
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta. https://www.scribd.com/
Susanto, A. (2018). Bimbingan dan Konseling di Sekolah: Konsep, Teori, dan Aplikasinya (1st ed.). PRENADAMEDIA GROUP. https://books.google.co.id/
Syukur, Y., Neviyarni, & Zahri, T. N. (2019). BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH (1st ed.). CV IRDH. https://books.google.co.id/
DOI: https://doi.org/10.24071/sol.v7i1.11460
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Nisa Calmia Primahani, Arum Setiowati, Iis Lathifah Nuryanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under CC BY-SA.
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Journal of Counseling and Personal Development is published twice a year, namely in January and July, by Guidance and Counseling Universitas Sanata Dharma