Perkembangan Ilmu Pengetahuan: Jejak Sejarah, Klasifikasi, dan Strategi Perkembangan
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
This article aims to discuss the development of science through its history, classification and strategies for the development of science, especially in Indonesia. Against the background of the development of science from time to time, this research aims to answer questions about how human science has developed from pre-Ancient Greece, Ancient Greece, the Middle Ages, Renaissance, modern and postmodern times, as well as how to classify science and strategy. development of science in Indonesia. This research is qualitative research in the nature of a literature study or literature review. The literature review method is a method carried out by collecting and reading existing sources of information. The results show that philosophy as a manifestation of science has laid the foundations of an intellectual tradition that began with ancient Greek philosophers in the 6th century BC. In its development, philosophy led to the birth of a configuration that shows how the branches of science separated themselves from their connection with philosophy, each of which independently developed according to its own methodology. Science classification and development strategies play an important role in guiding the evolution of knowledge, by providing a framework for further development and influencing the direction of research and innovation. The author concludes that a deep understanding of the history, classification and development strategies of science is the key to predicting and shaping the future of human knowledge.
Abstrak
Artikel ini bertujuan untuk membahas perkembangan ilmu pengetahuan melalui sejarahnya, klasifikasi dan strategi perkembangan ilmu khususnya di Indonesia. Dengan latar belakang perkembangan ilmu pengetahuan dari masa ke masa, penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana ilmu pengetahuan manusia telah berkembang dari zaman pra Yunani Kuno, Yunani Kuno, Abad Pertengahan, Renaissace, zaman modern dan zaman postmodern, serta bagaimana klasifikasi ilmu dan strategi perkembangan ilmu di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat studi pustaka atau kajian pustaka. Metode kajian pustaka merupakan metode yang dilakukan dengan mengumpulkan dan membaca sumber-sumber informasi yang ada. Hasilnya menunjukkan bahwa Filsafat sebagai manifestasi ilmu pengetahuan telah meletakkan dasar-dasar tradisi intelektual yang diawali oleh filsuf-filsuf Yunani Kuno di abad ke 6 SM. Dalam perkembangannya filsafat mengantarkan lahirnya suatu konfigurasi yang menunjukkan bagaimana cabang-cabang ilmu pengetahuan melepaskan diri dari keterkaitannya dengan filsafat, yang masing-masing secara mandiri berkembang menurut metodologinya sendiri-sendiri. Klasifikasi ilmu dan strategi perkembangan memainkan peran penting dalam mengarahkan evolusi pengetahuan, dengan memberikan kerangka kerja untuk pengembangan lebih lanjut serta mempengaruhi arah penelitian dan inovasi. Penulis menyimpulkan bahwa pemahaman yang mendalam tentang sejarah, klasifikasi, dan strategi perkembangan ilmu pengetahuan merupakan kunci untuk meramalkan dan membentuk masa depan pengetahuan manusia.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Asma Latifa, Azmi Fitrisia, and Siti Fatimah. "Evolusi Pengetahuan: Jejak Sejarah, Klasifikasi, dan Strategi Perkembangan." Jurnal Sosial Humaniora Sigli (JSH) 7, no. 1 (June 2024).
Bertens, K. Ringkasan Sejarah Filsafat. 6th ed. Yogyakarta: Kanisius, 1988.
Joesoef, Daoed. "Pancasila, Kebudayaan, dan Ilmu Pengetahuan." In Pancasila Sebagai Orientasi Pengembangan Ilmu, edited by Soeroso Prawirahardjo et al. Yogyakarta: PT Badan Penerbit Kedaulatan Rakyat, 1987.
Lasiyo, and Yuwono. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty, 1985.
Melson, A. G. M. Van. Ilmu Pengetahuan dan Tanggung Jawab Kita. Translated by K. Bertens. Jakarta: PT Gramedia, 1985. Originally published as Wetenschap en Verantwoondelijkheid.
Mustansyir, Rizal. "Sejarah Perkembangan Ilmu." In Filsafat Ilmu, edited by Tim Dosen Filsafat Ilmu Fak Filsafat UGM. Yogyakarta: Liberty in cooperation with YP Fakultas Filsafat UGM, 1996.
Mustansyir, Rizal, and Misnal Munir. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001.
Nabila, N., A. T. Berutu, and N. F. A. Tambunan. "Filsafat Ilmu di Era Globalisasi." HIBRUL ULAMA 5, no. 1 (2023): 11–20. https://doi.org/10.47662/hibrululama.v5i1.506.
Saiful. "Sistem Pendidikan Islam: Integrasi Ilmu Pengetahuan Agama dan Teknologi Digital." JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6, no. 2 (2023): 1100–1107. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1659.
Siswomihardjo, Koento Wibisono. "Ilmu Pengetahuan: Kelahiran dan Perkembangan, Klasifikasi serta Strategi Pengembangannya." In Filsafat Ilmu dan Perkembangannya, edited by M. Thoyibi. Surakarta: Muhammadiyah University Press, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1994.
The Liang Gie. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Yayasan Studi Ilmu dan Teknologi, 1987.
ASI, DAN STRATEGI PERKEMBANGAN. Dalam Jurnal Sosial Humaniora Sigli (JSH). Volume 7 Nomor 1, Juni 2024
Bertens, K., Ringkasan Sejarah Filsafat, Kanisius, Yogyakarta, 1988. Cetakan keenam.
Daoed Joesoef, ‘Pancasila Kebudayaan dann Ilmu Pengetahuan’, dalam Pancasila Sebagai Orientasi Pengembangan Ilmu, Editor Soeroso Prawirahardjo, dkk., PT Badan Penerbit Kedaulatan Rakyat, Yogyakarta, 1987.
Koento Wibisono Siswomihardjo, ‘Ilmu Pengetahuan Kelahiran dan Perkembangan, Klasifikasi serta Strategi Pengembangannya’ dalam Filsafat Ilmu Dan Perkembangannya, Editor M. Thoyibi, Muhammadiyah University Press Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, 1994.
Nabila, N., Berutu, A. T., & Tambunan, N. F. A. (2023). Filsafat Ilmu di Era Globalisasi. HIBRUL ULAMA, 5(1), 11–20. https://doi.org/10.47662/hibrululama. v5i1.506
Rizal Mustansyir dan Misnal Munir, Filsafat Ilmu, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2001.
Rizal Mustansyir, ‘Sejarah Perkembangan Ilmu’ dalam Filsafat Ilmu, Tim Dosen Filsafat Ilmu Fak Filsafat UGM, Liberty bekerja sama dengan YP Fakultas Filsafat UGM, Yogyakarta, 1996.
Saiful, S. (2023). Sistem Pendidikan Islam, Integrasi Ilmu Pengetahuan Agama dan Teknologi Digital. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1100– 1107. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.165 9
The Liang Gie, Pengantar Filsafat Ilmu, Yayasan Studi Ilmu Dan Teknologi, Yogyakarta, 1987.
Van Melson, AGM., Ilmu Pengetahuan Dan Tanggung Jawab Kita, PT Gramedia, Jakarta, 1985, Terjemahan K. Bertens, Judul asli “Wetenschap en Verantwoondelijkheid”.DOI: https://doi.org/10.24071/snf.v3i1.11802
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
E-ISSN: (Validity Starting Volume 1 No. 2, September 2023) 3047-0714
P-ISSN: (Validity Starting Volume 1 No. 2, September 2023) 3047-1451
Kaliurang St No.KM, RW.7, Joho, Condongcatur, Depok, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta 55281, Indonesia
Proceedings of The National Conference on Indonesian Philosophy and Theology is licensed under CC BY-SA 4.0





.jpg)
.png)