PERANAN KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL DALAM PENDIDIKAN: KONSEP DAN APLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN DI INDONESIA

Audra Febriandini Logho

Abstract


This paper is the result of library research, aims at answering for main questions as follow (1) What is instructional leadership? (2) What variables in instructional leadership? (3) Why instructional leadership is important to be implemented in Indonesia? (4) How to implement instructional leadership strategies? The results of this study are (1) Instructional leadership is the leadership to focus on improving the quality of learning and teaching, (2) Instructional leadership strategies should be applied in Indonesia include modeling, monitoring, professional dialogue, and discussion.

Keywords: kepemimpinan instruksional, konsep dan aplikasi kepemimpinan instruksional.


Full Text:

PDF

References


Budiono dan Wibowo. 2014. Pengaruh Komunikasi Organisasi, Kecerdasan Emosi Dan Pengambilan Keputusan Terhadap Implementasi Peran kepemimpinan Kepala SD. Diunduh dari www.journal.uny.ac.id pada tanggal 11 Mei 2016.

Bush dan Glover. 2003. School Leadership: Concepts and Evidence. alam National College for School Leadership (NCSL). Diunduh dari http://www.ncsl.org.uk/literaturereviews, pada tanggal 30 Juni

Bush, T. 2008. Leadership and Management Development in Education. London: Sage. Diunduh dari http://www.dphu.org/uploads/attachements/books/books_5057_0.pdf pada tanggal 16 Mei 2016.

Diyati, H dan Muhyadi. 2014. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Budaya Sekolah Di Sdn Kwayuhan, Kecamatan Minggir, Sleman. Dalam Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. Diunduh dari http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp/article/view/2407 pada tanggal 11 Mei 2016.

Eng & Ramaniah. 2012. Kepemimpinan Instruksional. BS PRINT (M)SDN.BHD. Kuala Lumpur. Diunduh dari https://books.google.co.id/books, pada tanggal 30 Juni 2016.

Friar, Phil. 2014. Leadership Theory and Practice in a Highly Demanding and Changing Educational Environment. Diunduh dari www.educationalleaders.govt.nz pada tanggal 09 Mei 2016.

Hallinger, Philip. 2003. Leading Educational Change: Reflections on the Practice of Instructional and Transformational Leadership. Dalam Cambridge Journal of Education. Vol. 33, No. 3, November, p. 35-70. Diunduh dari http://eric.ed.gov/?id=EJ770849, pada tanggal 30 Juni 2016.

Huber, G. S. 2010. School Leadership International Perspective. London: Springer. Diunduh dari http://bildungsplanung.de/pdf/PubsHuber/1_4/HuberMujis-2010-School LeadershipEf fectivenessTheGrowing Insight%20intheImpor tance.pdf, pada tanggal 09 Mei 2016.

Kleine-Kracht, S.P. 1993. Indirect Instructional Leadership: An Administrators Choice. Educational Administration Quar terly, 29(2): 187-212. Diunduh dari http://eaq.sagepub.com/content/29/2/187, pada tanggal 30 Juni 2016.

Kusmintardjo. 2015. KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN OLEH KEPALA SEKOLAH. Diunduh dari http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/05/volume-24-no.-327-36.pdf, pada tanggal 15 Mei 2016.

Mulyasa. 2007. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.

Mulyasa. 2007. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.

Panji, Aditya. 2014. Hasil Survey Pemakaian Internet Remaja Indonesia. Harian Kompas di unduh dari http://tekno.kompas.com/read/2014/02/19/1623250/Hasil.Survei.Pemakaian.Internet. Remaja, pada tanggal 17 Juni 2016.

Pramudia. 2012. Pengaruh Kepemimpinan Pembelajaran (Instructional Leadership) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sma Negeri 2 Indramayu, Dalam Thesis. Diunduh dari http://lib.ui.ac.id/f i l e ? f i l e = d i g i t a l / 2 0 2 9 0 3 8 9 - T%2029579Pengaruh%20 kepemimpinanfull%20text.pdf pada tanggal 20 Mei 2016.

Rahatna,L y. 2013. Pengaruh Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah Dan Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Mengajar Guru Pada SMP se-Bandung Utara. Dalam Thesis. Diunduh dari http://repository.upi.edu/2172/4/T_ADP_1107061_Chapter1.pdf pada tanggal 20 Mei 2016.

Southwor th, Geof f. 2002. Instr uctional Leadership In Schools: Reflections and Emperical Evidence. Dalam Journal National College for School Leadership. Diunduh dari http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.138.534&rep=rep1&type=pdf pada tanggal 09 Mei

Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2010. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah/Madrasah. Diunduh dari http://jatim.kemenag.go.id/file/file/peraturan tentangPNS/dxoc1413864218.pdf pada tanggal 20 Juni 2016.

Usman, H dan Rahajo.N.E. 2013. Strategi Kepemimpinan Pembelajaran Menyongsong Implementasi Kurikulum 2013. Diunduh dari http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:CXR4jqpmhFkJ:journal.uny.ac.id/index.php/cp/ar ticle/d o w n l o a d / 1 2 5 3 / p d f + & c d = 2 & h l = en&ct=clnk&gl=id pada tanggal 30 Juni 2016.

Usman, Husaini. 2015. Model Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah. Diunduh dari cakrawala pendidikan dalam www.journal.uny.ac.id diakses pada tanggal 08 Mei 2016.

Wardani, D.K & Indriayu, M. 2015. Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean. Dalam Prosiding Seminar Nasional 9 Mei 2015, di unduh dari http://eprints.uny.ac.id/21973/1/61%20Dewi%20Kusuma%20War dani%20%26%20M intasih%20Indriayu.pdf pada tanggal 20 Mei 2016.

Wibowo, A. 2014. Manager dan Leader Sekolah Masa Depan. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Yaumi, M. 2013. Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran Disesuaikan Dengan

Kurikulum 2013. Kencana: Jakarta.

Yulk, Gar y. 1998. Leadership in Organizations. London: Prentice-Hall International. Diunduh dari http://corenet.org.pk/js/Gary-Yukl-Leadership-in-Organizations.pdf pada tanggal 08 Mei 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.