Uji ketergunaan situs web jaringan perpustakaan asosiasi perguruan tinggi Katolik di Indonesia (APTIK) bagi mahasiswa yang sedang menulis skripsi pada tahun akademik 2006/2007 di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Paulus Mamok Suparmo

Abstract


Situs web Jaringan Perpustakaan APTIK (JP APTIK) adalah salah satu penyedia informasi yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa universitas anggota APTIK yang sedang mengerjakan skripsi. Situs web JP APTIK perlu dievaluasi agar menjadi situs web yang semakin bermanfaat optimal bagi mahasiswa penulis skripsi. Salah satu cara mengevaluasi situs web JP APTIK adalah melakukan penelitian uji ketergunaan atau usability testing.

Penelitian uji ketergunaan situs web JP APTIK ini untuk mengetahui tingkat ketergunaan situs web JP APTIK, mengidentifikasi masalah yang ditemui pengguna, dan mengetahui perubahan yang harus dilakukan pada situs web JP APTIK.

Sepuluh peserta (participants) dipilih untuk melakukan uji ketergunaan. Kesepuluh peserta diminta mengerjakan soal, diwanwancarai dan diamati perilakunya pada saat uji ketergunaan berlangsung. Perekaman proses uji ketergunaan dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak Camtasia Studio 4 dan alat perekam suara. Data yang diperoleh dianalisis untuk memperoleh kesimpulan penelitian.

Hasil penelitian yang diperoleh ialah bahwa lima menu halaman awal situs web JP APTIK merupakan menu yang mudah digunakan. Kemudahan dipelajari ditunjukkan dari langkah benar yang dilakukan pada saat mengakses situs, pemahaman istilah menu, dan respon situs.

Ditemukan juga bahwa terdapat ketidaksinkronan beberapa informasi di situs web JP APTIK. Selain itu beberapa istilah menu dan bahasa disusulkan oleh peserta uji untuk diubah.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.