PENGEMBANGAN SOAL HOTS SEJARAH MATERI KERAJAAN-KERAJAAN MARITIM INDONESIA MASA ISLAM UNTUK SISWA KELAS XI IPS

Nikkita Mega Melati Maria

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal sejarah berbasis HOTS dengan pokok bahasan kerajaan-kerajaan maritim Indonesia pada masa Islam yang layak digunakan oleh siswa SMA kelas XI IPS. Penelitian ini menerapkan metode penelitian pengembangan model Borg & Gall, namun dicukupkan sampai langkah ke-7, meliputi (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan draft produk, (4) uji coba lapangan terbatas, (5) penyempurnaan produk awal, (6) uji coba lapangan, (7) penyempurnaan produk hasil uji lapangan.

Pada tahap uji coba lapangan terbatas dilakukan validasi oleh dosen dan dua guru sejarah. Pada tahap uji coba lapangan melibatkan 10 siswa kelas XI IPS dari beberapa SMA. Data dikumpulkan dengan teknik kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk soal sejarah berbasis HOTS yang dikembangkan siap digunakan sebagai instrumen tes sejarah. Hal ini ditunjukkan dari hasil rekapitulasi uji coba lapangan terbatas oleh dosen dan guru termasuk kriteria “sangat baik” dengan perolehan skor 4,39, serta hasil uji coba lapangan oleh 10 siswa kelas XI IPS dengan perolehan skor 4,21 dan termasuk kriteria “baik”. Kriteria penilaian menggunakan standar penilaian skala lima berdasarkan Penilaian Acuan Patokan (PAP).


Full Text:

PDF

References


Direkotrat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. 2016. Modul Penyusunan Soal

Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) Sejarah, Jakarta.

Hatta Saputra. 2016. Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Global Penguatan Mutu Pembelajaran dengan Penerapan Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills), Bandung: CV SMILE’s Indonesia Institute.

Hendra Kurniawan. 2018. Literasi dalam Pembelajaran Sejarah, Yogyakarta: Penerbit Gaya Media.

I Wayan Widana. 2016. Modul Penulisan Soal HOTS untuk Ujian Sekolah, Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Mutia Mukhtar dan Khoirul Haniin. 2019. Modul Penyusunan Soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills), Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pi’i. “Mengembangkan Pembelajaran dan Penilaian Berpikir Tingkat Tinggi pada Mata Pelajaran Sejarah SMA”. Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya Vol. 10, No 2. 2016.

Safari. 2010. Penulisan Butir Soal berdasarkan Penilaian berbasis Kompetensi. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan Departemen Pendidikan Nasional.

Sutarjo Adisusilo. 2017. Pembelajaran Nilai-Nilai Karakter Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif, Jakarta: Rajawali Pers.

Walter R. Borg dan M.D. Gall. 1989. Educational Research: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman.




DOI: https://doi.org/10.24071/hv.v2i1.4540

DOI (PDF): https://doi.org/10.24071/hv.v2i1.4540.g2686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Collaborated with:
P3SI
 

e-ISSN: 2797-9415
p-ISSN: 2797-9776

ALAMAT REDAKSI

Program Studi Pendidikan Sejarah-FKIP, Universitas Sanata Dharma

Mrican, Tromol Pos 29, Yogyakarta 55002

Telepon (0274) 513301, 515352;
Fax. (0274) 562383

E-mail: hisvit-spps@usd.ac.id