Perempuan dan Media Digital

Inasio Loyola Asis

Abstract


Kita sedang hidup pada era digital. Berbagai wacana kritis saat ini tidak dapat dipisahkan darinya. Intensifikasi jagad maya dengan berbagai platform digital menempatkannya sebagai sebuah Areopagus pada era ini. Kita bisa mengatakan dan melakukan segala sesuatu di sana. Batas-batas epistemologis (benar) dan etis (baik) yang sarat dengan logika kekuasaan golongan dan oknum tertentu disirnakan. Laki-laki dan perempuan dapat menjadi apa saja dan siapa saja sesuai dengan kehendak hatinya. Kita melihat berbagai gambar yang seksi dan modis mengenai tubuh perempuan dan tubuh laki-laki. Siapa saja bisa menikmatinya. Berhadapan dengan kebebasan di atas, kita bisa bertanya apakah jagad maya atau jagad digital merupakan masa depan perjuangan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan? Tulisan ini hendak merenungi pertanyaan ini. 


Keywords


feminisme, media digital, sexuality, cyberculture

References


Kinukawa, Hisako, Sexuality and Household, diakses dari https://www.google.com/search?q=Hisako+Kinukawa%2C+Sexuality+and+Household%2C&oq=Hisako+&aqs=chrome pada Minggu 15 Mei 2022, pkl. 21:14.

Peracullo, Jeane C., “Resistance/Collusion with Masculinist-Capitalist Fantasies? Japanese and Filipino Women in the Cyber-Terrain”, dalam Brazal, Agnes M., dan Abraham, Kochurani (eds), Feminist Cyberethics in Asia: Religious Discourse on Human Connectivity, (New York: Palgrave Macmillan, 2014),15-34.

Saldanha, Virginia, “Digital Revolution: Creating a Flat World for Indian Women” dalam Brazal, Agnes M., dan Abraham, Kochurani (eds), Feminist Cyberethics in Asia: Religious Discourse on Human Connectivity, (New York: Palgrave Macmillan, 2014), 47-60.

Wajcman, Judy, Feminism Confronts Technology. (Pennsylvania: The Pennsylvania State University Press, 1991)




DOI: https://doi.org/10.24071/div.v1i1.6610

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter

E-ISSN: (Validity Starting Volume 1 No. 2, Juli 2023) 2988-2311

P-ISSN: (Validity Starting Volume 1 No. 2, Juli 2023) 2988-5434

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.