Ndalem Pangeran in the Life of Contemporary Javanese Society

Sakundria Satya Murti Wardhana, Imam Santosa, Andriyanto Wibisono, Yan Yan Sunarya

Abstract


 

TATA LETAK NDALEM PANGERAN

DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT JAWA MASA KINI

 

 

Sakundria Satya Murti Wardhana, Imam Santosa, Andriyanto Wibisono, dan  Yan Yan Sunarya

 

Institut Teknologi Bandung

 

Email : 37022001@mahasiswa.itb.ac.id

 

 

Abstrak

Penelitian ini membahas rumah tinggal sebagai pusat kehidupan masyarakat Jawa. Setiap bagian dari bangunan tersebut, terutama yang berkaitan dengan tingkatan strata pemiliknya memiliki posisi khusus sesuai dengan aturan di dalam budaya Jawa. Aturan tersebut telah dituangkan dalam bentuk lingkaran Konsentris yang memusat kepada tempat tinggal sultan di dalam kerajaan. Berdasarkan fakta tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meninjau posisi rumah tinggal pada kehidupan masyarakat saat ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan ditinjau dengan telaah etnografi. Rumah tinggal pada masyarakat Jawa juga saling berkaitan pada sejarah kehidupan masyarakatnya yang saling berhubungan satu dengan lainnya. Penelitian mengungkapkan bahwa posisi bangunan ditempatkan berdasarkan lingkaran konsentris yang mengacu pada konsep budaya Jawa. Rumah tinggal menunjukkan adanya keterkaitan antara konsep geografis dengan konsep budaya yang mencerminkan hierarki sosial, politik, dan budaya, seperti halnya tempat tinggal Pangeran. Bentuk arsitektur memiliki ciri khas tersendiri dari sebuah rumah tinggal pada umumnya  yang berhubungan dengan nilai budaya, tingkatan sosial, dan spiritual masyarakatnya khususnya di Jawa, selain itu posisi dan tata letak dari rumah tinggal merepresentasikan pandangan serta kepercayaan masyarakatnya yang memengaruhi keberlangsungan kehidupannya. Hubungan yang lebih dalam berkaitan dengan posisi rumah tinggal dapat menunjukkan kompleksitas dalam budaya Jawa, yang memperlihatkan bahwa rumah tinggal dapat mengungkapkan adanya nilai-nilai kehidupan masyarakat Jawa.

 

Kata kunci: Budaya Jawa, Masyarakat Jawa, Ndalem Pangeran


Keywords


Javanese culture; Javanese society; Ndalem Pangeran

Full Text:

PDF

References


Douglas, B., & Di Rosa, D. (2020). Ethnohistory and Historical

Ethnography. In Oxford Bibliographies in Anthropology: Oxford University Press.

Geertz, C. (2013). Agaman Jawa, Abangan, Santri, Priyayi Dalam Kebudayaan Jawa.

Granovetter, M. (2018). Economic action and social structure: The problem of embeddedness. In The sociology of economic life (pp. 22-45): Routledge.

Hommels, A. (2005). Studying Obduracy in The City: Toward a Productive Fusion between Technology Studies and Urban Studies. J Science, Technology, Human Values, 30(3), 323-351.

Honggopuro, K. (2002). Bathik Sebagai Busana dalam Tatanan dan Tuntunan. Surakarta. : Yayasan Peduli Keraton Surakarta Hadiningrat.

Krech III, S. (1991). The State of Ethnohistory. Annual Review of Anthropology, 20(1), 345-375.

Mangunwijaya. (2013). Wastu Citra: PT Gramedia Pustaka Utama, 6.2, hal 152.

Musman, A. (2017). Filosofi Rumah Jawa. Bantul: Anak Hebat Indonesia.

Nuryanto, M. T. (2019). Arsitektur Nusantara, Pengantar Pemahaman Arsitektur Tradisional Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Purnomo, A. D., Amelia, K. P., Kynanti, N. M., & Toni, F. (2022). IMPLEMENTASI ADAPTIF PADA DALEM WURYANINGRATAN. J Jurnal Arsitektur ARCADE, 6(2), 231-238.

Santosa, I. (2007). Kajian Estetika dan Unsur Pendukungnya pada Keraton Surakarta. ITB J. Vis. Art. Vol. 1D,No. 1, 108-127.

Santosa, R. B. (2002). Omah, Membaca Makna Rumah Jawa. Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya.

Setyowati, S., Fanggidae, L. W., Nainggolan, F. M. R., Vitrianto, P. N., & Sari, I. K. (2023). Memahami Fenomenologi, Etnografi, Studi Kasus, dan Metode Kombinasi dalam Jagat Metode Riset: CV. DOTPLUS Publisher.

Spradley, J. P. (1979). The Ethnographic Interview. Fort Worth Philadelphia San Diego. New York Orlando Austin San Antonio Toronto Montreal London Sydney Tokyo: Harcourt Brace Jovanovich College Publishers.

Suseno, M. F. (1984). Etika Jawa Sebuah Analisa Falsafi tentang Kebijaksanaan Hidup Orang Jawa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Saptoni, D. Wawancara, 1 Oktober 2023.




DOI: https://doi.org/10.24071/jbm.v28i2.7487

Article Metrics

Abstract view : 163 times
PDF view: 77 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Bandar Maulana: Jurnal Sejarah Kebudayaan