Bahasa Indonesia, Sastra Indonesia, Kebudayaan Indonesia

Information For Authors

PETUNJUK BAGI PENULIS


Redaksi Jurnal Kebudayaan Sintesis menerima kiriman artikel dengan ketentuan sebagai berikut.
1. Arikel tidak mengandung unsur plagiat.
2. Artikel belum pernah dipublikasikan oleh media lain.
3. Artikel berupa hasil penelitian, gagasan konseptual, serta kajian dan aplikasinya.
4. Artikel dapat berupa resensi buku. Syarat resensi adalah (a) buku yang diresensi relatif baru (tidak lebih dari satu tahun sebelumnya), (b) panjang resensi 3-5 halaman, dan (c) fotokopi atau scan cover wajib dilampirkan.
5. Artikel ditulis dalam bentuk esei sekitar (2.500-4.000 kata) atau 10-15 halaman kuarto (21 x 29,70 cm), spasi ganda dengan sembir (margin) kiri dan atas 4 cm serta kanan dan bawah 3 cm, font times new roman 12 dengan program windows MS Word.
6. Naskah memuat (a) judul, (b) nama penulis tanpa gelar, yang diikuti identitas penulis yang dicantumkan dalam catatan kaki; identitas penulis meliputi institusi, alamat korespodensi serta alamat email, (c) abstrak (50-70 kata) dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang ditulis dengan jarak satu spasi, (d) kata kunci dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris (3-5 kata), (e) pembahasan yang disajikan dalam subbab-subab, (f) penutup, (g) daftar pustaka. Selain itu, penulis wajib melampirkan biodata.
7. Artikel hasil penelitian berisi judul, nama penulis, abstrak, pendahuluan, teori, metode penelitian, hasil penelitian dan pembahasan, kesimpulan, dan daftar pustaka.
8. Artikel gagasan konseptual berisi judul, nama penulis, abstrak, pendahuluan, pembahasan, kesimpulan, dan daftar pustaka.
9. Tabel dan gambar harus diberi nomor secara berurutan sesuai dengan pemunculannya. Setiap gambar dan tabel perlu diberi penjelasan singkat yang diletakkan di bawah untuk gambar. Gambar berupa foto (kalau ada), disertakan dalam bentuk mengkilap (gloss).
10. Daftar pustaka ditulis dengan tata cara berikut.
Dixon, R.M.W. 1994. Ergativity. Cambridge: Cambridge University Press. Poedjosoedarmo, Soepomo. 1978. “Language Etiquette in Indonesiaan”. Dalam S. Udin (Ed.). Spectrum. Jakarta: PT Dian Rakyat. Hlm. 400-419.
11. Biodata ditulis secara naratif, maksimum 100 kata, memuat nama lengkap dan gelar pendidikan,
tempat dan tanggal lahir, pekerjaan, nama lembaga tempat bekerja, serta karya ilmiah yang pernah
dimuat dalam tiga tahun terakhir.
12. Naskah dikirim dalam bentuk print out sebanyak 2 ekssemplar dan softfile dalam format “doc/docs” atau bisa dikirim melalui email paling lambat satu bulan sebelum bulan penerbitan kepada:


Redaksi Jurnal Ilmiah Kebudayaan Sintesis
Pusat Kajian Bahasa, Sastra, dan Budaya Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia
Universitas Sanata Dharma
Mrican, Tromol Pos 29, Yogyakarta
Telepon (0274) 513301, ex.1324, Faks. (0274) 562383
E-mail: sintesis@yahoo.com.


13. Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan secara tertulis. Penulis yang artikelnya dimuat akan mendapat imbalan berupa nomor bukti pemuatan sebanyak 3 (tiga) eksemplar. Artikel yang tidak dimuat tidak akan dikembalikan, kecuali atas permintaan penulis