SAPAAN DALAM BAHASA DAYAK LONG ILU DI KECAMATAN KRAYAN KABUPATEN NUNUKAN PROVINSI KALIMANTAN UTARA

Ketrin Ketrin

Abstract


Tulisan ini membahas sapaan dalam bahasa Dayak Long Ilu di Kecamatan Krayan Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara. Ada dua hal yang dibicarakan dalam tulisan ini, yaitu jenis sapaan berdasarkan referennya dan faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan sapaan dalam bahasa Dayak Long Ilu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak untuk pengumpulan data, metode padan untuk analisis data, dan metode informal serta metode formal untuk penyajian hasil analisis data. Penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut. Pertama, berdasarkan referennya, sapaan dalam bahasa Dayak Long Ilu dapat dibedakan menjadi sapaan yang menyatakan nama diri, sapaan yang menunjukkan hubungan nama kekerabatan, dan sapaan berupa kata ganti. Kedua, faktor yang mempengaruhi penggunaan sapaan dalam bahasa Long Ilu adalah hubungan kekerabtan, jenis kelamin, usia, dan profesi. Selain itu, gabungan dari sejumlah faktor juga mempengaruhi pemakaian sapaan dalam bahasa Dayak Long Ilu.
Kata kunci: sapaan, bahasa Dayak Long Ilu, jenis sapaan, faktor penggunaan bahasa.

Full Text:

PDF

References


Chaer, Abdul. 2011. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Kridalaksana, Harimurti. 1974. Fugsi Bahasa dan Sikap Bahasa. Flores: Nusa Indah.

Syafyahya dkk. 2000. Kata Sapaan Bahasa Minangkabau di Kabupaten Agam. Jakarta: Pusat Bahasa.

Sudaryanto. 1993. Metode dan Teknik Analisa Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Muzamil, A.R dkk. 1997. Sistem Sapaan Bahasa Melayu Sambas. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Gusthia, Mona, Yett dkk., 2014. Kata Sapaan Bahasa Minangkabau di Kanagarian Lubuk Ulang Aling Selatan Kecamatan Sangir Batang Hari Kabupaten Solok Selatan. Dalam jurnal Abstract of Undergraduate Faculty of Education Bung Hatta Univercity, Vol. 3, No. 7, 2014.

Wijana Dewa Putu. Diklat Sosiolinguistik. Yogyakarta, 27 Mei 2016.

Misnawati. 2014. Kata Sapaan pada Masyarakat Ujung Batuang Tinjauan Sosiolinguistik. Dalam Jurnal Elektronik Mahasiswa Sastra Daerah Hantaran, Vol. 3, No. 2, 2014.

Mansyur, Firman Alamsyah. 2013. Sistem Sapaan dalam Bahasa Wolio Kajian Sosiolinguistik. Dalam Jurnal Electronic Theses & Disssertations UGM.

Franzwin, 2011. Sistem Sapaan pada Masyarakat Dayak Menterap Kabut. Stable URL: http://franzwin.blogspot.co.id. Diunduh: 09/08/2011, 08.40.




DOI: https://doi.org/10.24071/sin.v11i1.929

Article Metrics

Abstract view : 1815 times
PDF view: 4322 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Ketrin Ketrin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Sintesis by https://e-journal.usd.ac.id/index.php/sintesis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Sintesis

View My Stats Sintesis