Pedagogi Kritis & Pendidikan Tinggi

Agustinus Supratiknya

Sari


Tulisan ini membahas mengenai aspek pedagogi kritis dan perguruan tinggi. Penulis menyoroti reformasi pendidikan berangkat dari gagasan lembagalembaga yang berkompeten berikut produk hukumnya. Menurut penulis, terdapat benang merah antara aktivitas dan produk hukum tersebut dengan konteks perkembangan ekonomi-politik yang lebih luas di tingkat global. Hal itu terlihat dari peran yang dimainkan oleh lembaga keuangan World Bank dan IMF dalam program yang terkait dengan pendidikan. Di samping itu diuraikan juga problemproblem yang berpotensi muncul dalam pendidikan tinggi di tengah perkembangan neoliberalisme. Kemudian juga disodorkan pemikiran mengatasi atau mengurangi dampak buruk dari perkembangan tersebut.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2016 RETORIK



ISSN (edisi cetak)  1412-6931

e-ISSN (edisi elektronik) 2549-2225 

Redaksi RETORIK Jurnal Ilmu Humaniora

Program Magister Ilmu Religi dan Budaya Universitas Sanata Dharma | Mrican, Tromol Pos 29, Yogyakarta, Indonesia 55001 | Telp. +62-274-515301, 515352 ext. 1443 | e-mail: magisterirb@usd.ac.id

Rekening Bank

Bank CIMB NIAGA a.c. 287.01.00277.005 a.n. LPPM USD

(c) 2016, 2017, Jurnal RETORIK IRB-USD