Imagi Seorang Intelektual Represif: Membaca Gagasan Drijarkara mengenai Pendidikan

Batlayeri Willem

Sari


Artikel ini menguraikan mengenai pemikiran Drijarkara tentang pendidikan dengan mengujinya dari teori Jaqcues Lacan. Pemikiran Drijarkara merupakan reaksi kritis terhadap sistem pendidikan yang berlangsung pada jamannya. Menurut Drijarkara, pendidikan di Indonesia berada dalam ancaman statosentrisme di mana negara menjadi dewa agung dan penguasa tunggal. Ada persoalan yang diabaikan juga menyangkut tanggung jawab tenaga pendidik (guru) sebagai agen perubahan. Dalam mememikir ulang sistem pendidikan Indonesia, Drijarkara menggagas pendidikan sebagai proses pemanusian manusia muda. Titik kekritisan Drijarkara adalah melawan kekuasaan negara yang menekan otonomi dan independensi dalam pengelolaan pendidikan.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2016 RETORIK



ISSN (edisi cetak)  1412-6931

e-ISSN (edisi elektronik) 2549-2225 

Redaksi RETORIK Jurnal Ilmu Humaniora

Program Magister Ilmu Religi dan Budaya Universitas Sanata Dharma | Mrican, Tromol Pos 29, Yogyakarta, Indonesia 55001 | Telp. +62-274-515301, 515352 ext. 1443 | e-mail: magisterirb@usd.ac.id

Rekening Bank

Bank CIMB NIAGA a.c. 287.01.00277.005 a.n. LPPM USD

(c) 2016, 2017, Jurnal RETORIK IRB-USD