PENERAPAN MODEL MULTIMEDIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN SELF MOTIVATED LEARNING DAN SELF REGULATED LEARNING

Emiliana M Moelbatak, Yulianti Paula Bria

Abstract


Teknologi multimedia merupakan Salah satu teknologi yang ditawarkan dalam media pembelajaran alternatif untuk dimanfaatkan dalam dunia pendidikan saat ini. Hardcopy yang digunakan dalam Proses Belajar Mengajar terkadang menyulitkan pelaku pendidikan dalam hal mengakses dan menerima informasi secara cepat dan realtime, sehingga memunculkan ide untuk mengembangkan materi pelajaran dalam bentuk multimedia, yang akan memudahkan pendidik dan peserta didik dalam menjalankan aktivitas dalam PMB. Kejenuhan belajar akan muncul Apabila pendidik selalu menggunakan metode yang konvensional secara terus menerus dan tanpa ada variasi, karena tidak ada warna baru dalam PBM. Implikasi dari metode belajar secara konvensional yang digunakan oleh tenaga pendidik, menunjukkan bahwa 20% atau lebih peserta didik kurang antusias dan berminat mempelajari materi, 35% atau lebih peserta didik kurang mempunyai inisiatif untuk mencari atau memperdalam wawasan melalui referensi lain selain yang diberikan oleh tenaga pendidik. Permasalahan lain adalah, ketersediaan sumber belajar di perpustakaan sangat minim, sehingga materi yang didapat pun kurang up to date. Hal ini semakin memperkuat permasalahan kurang berminat dan rendahnya inisiatif peserta didik dalam proses belajar mengajar.

Pada penelitian ini,dikembangkan multimedia dan pemodelan multimedia yang dapat meningkatkan Self Motivated Learning dan Self Regulated Learning dengan menggunakan metode penelitian pengembangan research and development, dan analisi akhir dilakukan pengujian dengan bantuan SPSS.Model digitalisasi media pembelajaran ini mampu membuat peserta didik menjadi tertarik untuk belajar secara aktif dan mandiri.


Full Text:

PDF

References


Beerman (Januari 1996). Computer based multimedia: new derections in teaching and learning. Journal of nutrition education. Diakses Maret 2009

Blackwell John, 1997, SEED: Multimedia applications in education: http//web.viu.ca/seed/mm/index.html. diakses tanggal 20 Juni 2009.

Binanto, Iwan. Multimedia Digital: dasar, teori dan pengembangan. Yogyakarta. Andi. 2010.

Dananjaya, Utomo. Media pembelajaran aktif. Nuansa cendikiawan. Jakarta. 2010.

Elvina, Amelia. Papers.gunadarma.ac.id /index.php/psychology/article. ?2012.

Haris, Mudjiman. Belajar Mandiri (Self-Motivated Learning. UNS Pres. Surakarta. 2009.

Muliartha, I Wayan. Pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_tp/article. 2012.

Pratiwi, Amalia Putri. ac.id/e-journal/index.php/jurnal_tp/article/. Undip. 2009

Pintrich. Promotion Of Self Regulated Learning. 1995

http://dwb.unl.edu/Book/CH09/Chapter09w.html. Diakses 3 Mei 2013.

Priyatno Duwi. Analisis Data Dengan SPSS 20. Yogyakarta. Andi. 2012

Syah, muhibbin. Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung ; Rosada Karya.2002.

Suyanto, Mohammad. Multimedia : alat untuk meningkatkan keunggulan bersaing. Yogyakarta. Andi. 2005.

Unik Ambar Wati. ac.id/e-journal/index.php/jurnal_tp/article/. UNY. 2010




DOI: https://doi.org/10.24071/mt.v11i2.519

Article Metrics

Abstract view : 2205 times
PDF view: 2133 times

Refbacks