Mengembangkan Pendidikan Pemakai Melalui Literasi Informasi

Wahyu Supriyanto

Abstract


Perubahan bidang informasi elektronik  mendorong perpustakaan  untuk menyediakan  informasi elektronik, ketika perpustakaan berusaha untuk menyediakan informasi elektronik, pustakawan memiliki peluang untuk memimpin dalam komunitas mereka sendiri. Pertumbuhan sumber informasi dan kebutuhan untuk membantu  pemakai melalui literasi informasi menjadikan keahlian para pustakawan sangat penting. Dalam lingkungan yang selalu berubah ini, seorang pustakawan yang berpengalaman masih memegang kunci menemukan informasi elektronik. Pemakai akan terus meminta yang paling baik. Para pustakawan mungkin menggunakan tuntutan ini untuk memperbaiki dukungan finansial mereka sendiri. Perpustakaan harus menemukan kedudukan yang sesuai untuk mereka  dan memenuhi kebutuhan pemakai. Perpustakaan akan menjadi pelopor pemanfaatan teknologi informasi  dengan literasi informasi yang berhasil serta  menyediakan layanan elektronik kepada pemakai. Kebutuhan dan anggaran perpustakaan akan menentukan berapa banyak dan tingkat teknologi yang akan digunakan. Ilmu pengetahuan dan teknologi yang selalu berubah  mengharuskan perputakaan menyediakan layanan langsung ke end user yang menarik.  Faktor keinginan perpustakaan untuk membantu memenuhi kebutuhan pemakai dalam menemukan informasi yang diperlukan akan  menginovasi perpustakaan  untuk menyelenggarakan pendidikan pemakai yang dibutuhkan pemakai melalui literasi informasi.

Full Text:

PDF

References


Arif, Ikhwan. (2008). Peran Pustakawan dalam mengembangkan program literasi informasi di sekolah. Kumpulan Naskah Pemenang Lomba Penulisan Karya Ilmiah bagi Pustakawan tahun 2006-2007. Jakarta: Perpusnas.

Boyer, Ernest L. (1997). New Technologies and the Public Interest. Selected Speeches 1979-1995. Princeton, N.J.: Carnegie Foundation for the Advancement of Teaching. pp. 137-142.

Bruce, Christine. (2003). Seven faces of information literacy: towards inviting students into new experiences. Diakses dari http:/crm.hct.ac.ae/events/archive/2003/speakers/bruce.pdf pada tanggal 15 Oktober 2008.

California State University. (2001). Information Competence Initiative. Diakses dari http://www.calstate.edu/LS/infocomp.shtml. tanggal 01 juli 2015.

Darmanto. Pemasaran perpustakaan perguruan tinggi. Jurnal Ilmu Informasi dan Perpustakaan Palimpsest. Tahun III, Nomor 2, Desember 2011- Mei 2012.

Gaunt, Jessica. (2007). Hanbook for Information Literacy Teaching. Diakses dari http://www.cardiff.ac.uk/insrvstaff/projectandworking/infoliteracy/conferences/ lilac/lilac07/ tanggal 20 Juli 2015.

Hak, Ade Abdul. (2008). Pendidikan Pemakai: Perubahan Prilaku Pada Siswa Madrasah Dalam Sistem Pembelajaran Berbasis Perpustakaan. Diakses dari http://abdulhak.multiply.com/journal/item/9/PENDIDIKAN_PEMAKAI. tanggal 9 September 2008.

Hak, Ade Abdul. (2008). E-Literacy dan peran pustakawan di masyarakat. Kumpulan Naskah Pemenang Lomba Penulisan Karya Ilmiah bagi Pustakawan tahun 2006-2007. Jakarta: Perpusnas.

Hanna Latuputty. (2010). Materi Simposiom Pentingnya Literasi Informasi bagi Masyarakat Perpustakaan dalam rangka Peringatan HUT ke 28 Klub Perpustakaan Indonesia oleh Ketua APISI : Hanna Latuputty-George, S.S.

Healy, Leigh Watson. (2002). The Voice of the User: Where Students and Faculty Go for Information. Diakses dari http://www.educause.edu/ir/libran7/pow erpoint/EDU0248c.pps.; tanggal 22 Juli 2015.

Latuputty, Hanna. (2010). Materi Simposiom Pentingnya Literasi Informasi bagi Masyarakat Perpustakaan dalam rangka Peringatan HUT ke 28 Klub Perpustakaan Indonesia oleh Ketua APISI : Hanna Latuputty-George, S.S.

Lau, Jesus. (2006). Guidelines on information literacy for lifelong learning. Diakses dari http://www.ifla.org/VII/s42/index.htm tanggal 22 September 2008.

Pendit, Putu L. (2008). Kajian perilaku pemakai. Diakses dari http://iperpin.wordpress.com/2008/03/29/8 tanggal 9 September 2008.

Priyanto, Ida Fajar. (2007). Perpustakaan untuk pengembangan masyarakat : Informasi Bukan Hanya Komoditi Ekonomi. Diakses dari http://lib.ugm.ac.id/exec.php?app=berita&act=detail&id=66. tanggal 9 September 2008.

Sutarno NS. (2006). Perpustakaan dan Masyarakat. Denpasar: Konggres IPI Ke-X.

UNESCO. (2008). Information for all programme (IFAP): towards information literacy indicators. Diakses dari http://www.uis.unesco.org/template/pdf/cscl/InfoLit.pdf tanggal 15 Oktober 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.